Kamar Mandi Yang Bersih dan Bebas Noda

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan dalam rumah yang penting, karena setelah kita beraktivitas ataupun sebelum beraktivitas kamar mandi merupakan tempat kita mandi dan merilekskan diri. Kesibukan membuat kita lupa untuk membersihkan kamar mandi sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap ataupun lantainya menjadi licin.
          Kamar mandi sendiri mempunyai dua jenis yaitu kamar mandi yaitu kamar mandi kering dan kamar mandi basah. berikut pengertian dan tips cara membersihkannya.
Kamar Mandi Basah
Kamar Mandi Yang Bersih dan Bebas Noda
Kamar Mandi Yang Bersih dan Bebas Noda

Kamar mandi basah adalah kamar mandi umumnya dimiliki orang Indonesia, Cirinya sema area yaitu area mandi, kloset dan wastafel menjadi satu, tanpa adanya sekat pembatas dan berada pada level lantai yang sama. kamar mandi jenis ini mudah lembab karena setiaphari dalam kondisi basah sehingga kuman dan kotoran akan lebih mudah bersarang.
Cara membersihkannya
Gosok lantai dan dinding dengan menggunakan cairan pembersih khusus. jika pembersihan secara tradisional menggunakan abu gosok dicampur dengan cuka
Cairan pembersih khusus pilihlah produk yang tidak mengandung residu. karena produk yang mengandung residu akan menyebabkan lantai menjadi licin. cirri produk yang memiliki residu yakni berbau wangi dan menyengat, mengandung soda api (HCL)
Berikan perhatian khusus terhadap saluran pembuangan airpada bak mandi, jangan sampai tersumbat oleh kotoran maupun lumut. Sumbatan akan menjadi sarang kuman.
Kamar mandi basah perlu dimaintenance 2 minggu sekali untuk mencegah timbulnya noda yang membandel
Rutin melakukan penggantian air pada bak mandi (2 hari dalam seminggu) supaya terhindar dari jentik jentik nyamuk yang akan menimbulkan penyakit.

Kamar Mandi Kering
  • Kamar mandi kering adalah kamar mandi yang mempunyai sekat antara area untuk basah (mandi) dengan area kering (kloset dan wastafel). Pembatas ini mempunyai perbedaan ketinggian antara area basah dan area kering.

Cara Membersihkannya

  • Pada dasarnya kamar mandi area kering lebih mudah dibersihkan. hanya menjaga lantainya tetap kering.
  • Pada Kamarmandi yang disekat dengan kaca, lebih baik setelah pemakaian, kaca yang basah langsung di lap dengan menggunakan alat pembersih kaca supaya sisa bercak noda atau sabun tidak menempel dan membekas di kaca

Cara Membersihkan Kaca Pada Kamar Mandi

          Membersihkan Kaca tidak hanya menggunakan cairan pembesih khusus. Kita dapat menggunakan beberapa bahan alami :

  • Menggunakan Pasta Gigi, oleskan pasta gigi pada noda atau kerak yang terdapat pada kaca. diamkan sebentar lalu campurkan air sedikit dan godok dengan spon atau lap kering
  • Menggunakan Koran, Pada saat membersihkan kaca menggunakan cairan pembersih kita dapat menggosoknya dengan Koran. ini terbukti dapat menghilangkan jamur pada kerak.
  • Menggunakan pemutih pakaian, Produk pemutih pakaian juga ampuh membersihkan cermin dari noda. kita hanya tinggal menuangkan beberapa tetes pada kain lap lalu digosokkan pada cermin kaca

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »