Maintenance Plafond Rumah


Maintenance Plafond Rumah
Maintenance Plafond Rumah

Langit-Langit rumah alias plafond menjadi bagian penting dari rumah. Akan tetapi plafond merupakan bagian rumah yang seringkali mengalami kerusakan dan memerlukan perawatan/ maintenance.
Permasalahan yang seringkali terjadi plafond antara lain :

Plafond Bergelombang atau Menggelembung

  • Plafond bergelombang biasanya terjadi karena adanya kesalahan waktu proses pemasangan rangka. atau rangka rumah tidak kuat menahan beban bodi / badan plafond sehinga bergelombang. sebaiknya, rangka rumah dipasang ulang sehingga Plafond terlihat rata.  Agar pemasangan lurus anda bisa menggunakan alat waterpass
Bercak / Noda Pada Plafond

  • Cek dahulu penyebab noda plafond, apakah genting pecah yang menebabkan bocor? Jika memang penyebabnya adalah karena genting yang pecah atau bocor maka perbaiki dahulu susunan genting sehingga genting menjadi rapat kembali. Lalu cek kondisi plafond nya , jika tidak ada masalah dengan bodi plafond anda bisa melakukan pengecatan untuk menutupi bercak / noda plafond.
Retaknya Sambungan Plafond

  • Jika retaknya kecil serambut, maka anda bisa menggunakan compound untuk menutupi sambungan yang retak. Namun apabila retakan cukup besar, berarti terjadi kesalahan pada struktur plafond. Jika demikian anda harus melakukan pembongkaran struktur dan mengganti plafond dengan jenis fiber semen.
CARA / TIPS PEMASANGAN PLAFOND FIBER SEMEN

  • Rangka, anda dapat mempergunakan rangka kayu atau rangka besi hollow. pastikan pada setiap pertemuan sambungan, fiber semen harus bertemu dengan rangka sebagai perkuatan pada sambungan
  • Sambungan, Jika Rangka Kayu yang dipilih maka alat sambungan yang digunakan adalah paku berkepala lebar. Paku jenis tersebut dipilih karena dapat menahan beban plafond fiber semen.
  • Jarak Nat, Pada pemasangan plafond fiber semen, minimal jarak nat atau celah disarankan 2 mm. Nat ini berguna meletakkan compound sehingga plafond lebih merekat satu sama lain. Pergunakan Compound jenis cornice adhesive dan tape untuk menutup sambungan antar panel.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »