Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Desain Rumah Adat Kebaya Betawi, Tak Lekang oleh Waktu

Mengenal Ragam Rumah Tradisional Betawi
Rumah Kebaya Jakarta

Di zaman modern ini, bentuk rumah ada berbagai macam, yang lagi laris bentuk minimalis. Padahal di zaman dahulu nenek moyang kita sudah mendesain rumahnya secara baik dan artistik. ada baiknya kita tengok sejenak ragam rumah tradisional, pada pembahasan kali ini kita akan melihat ragam rumah betawi.
Rumah Betawi dikelompokkan menjadi tiga jenis bangunan rumah, yaitu rumah gudang, Rumah joglo dan rumah bapang (rumah kebaya) gambar dan bentuk rumah anda bisa search juga di google berikut penjelasannya :

Rumah Gudang

  • Bentuk rumah gudang ini adalah empat persegi panjang dengan menggunakan atap pelana. tetapi pada sebagian rumah ada yang beratap perisai. struktur kuda-kuda di rumah gudang ini sangat unik dan mempunyai kompleksitas tinggi. Terdapat 2 (dua) batang tekan miring yang saling bertemu pada batang tegak yang disebut ander. Sistem ini unik karena tidak terdapat di rumah tradisional lainnya
  • Pada Bagian depan rumah terdapat atap miring yang disebut sebagai topi dak atau markis. Atap ini berfungsi untuk menahan cahaya matahari secara langsung dan sebagai penahan limpasan air hujan. atap ini ditopang sebuah konstruksi yang disebut sekor biasanya terbuat dari kayu atau besi.
Rumah Joglo

  • Rumah betawi jenis ini merupakan percampuran atau mendapatkan pengaruh dari rumah tradisonal jawa. Bedanya, antara rumah joglo betawi dan rumah joglo jawa adalah pada tiang penyangga atapnya. jika di rumah joglo jawa tiang penyangga atapnya jelas terlihat dan merupakan unsur utama dari rumah. sedangkan pada joglo betawi atap joglonya mempunyai penyangga konstruksi kuda-kuda yang tidak mengenal batang diagonal.
  • Bentuk rumah joglo betawi mempunyai bentuk bujr sangkar yang diperoleh dari penyatuan ruang ruang di dalamnya yang berbentuk persegi panjang.
Rumah Bapang

  • Bentuk rumah bapang atau disebut juga rumah kebaya mirip dengan rumah gudang yaitu berbentuk empat persegi panjang. atapnya juga berbentuk pelana. Perbedaannya dari rumah gudang adalah atap pelana pada rumah bapang ini tidak penuh. Kuda-kudanya pun terletak di bagian tengah kostruksi atap.

Visitor