Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Solusi Atasi Masalah pada AC (Air Conditioner)

Solusi Atasi Masalah pada AC (Air Conditioner)
Solusi Atasi Masalah pada AC (Air Conditioner)

Air Conditioner alias Pendingin Ruangan menjadi salah satu utilitas elektronik yang saat ini sudah menjadi kebutuhan sekunder ditengah cuaca panas akibat pemanasan global. AC merupakan utilitas elektronik yang memerlukan perawatan lebih supaya ruangan /kamar rumah kita tetap dingin
Pada AC kerusakan yang sering terjadi adalah AC Bocor, Freon Bocor, AC Berbau dan AC Berderit. Berikut identifikasi kenapa AC Anda mengalami hal tersebut dan solusinya.

AC BOCOR

          Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya AC Bocor, Pertama, saluran pembuangan AC mampat sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar. Hal ini menyebabkan air meluap pada bak penempungan yang mengakibatkan air menetes keluar. Solusinya, cari penyebab mampatnya air dan bersihkan saluran tersebut. Kedua, adalah karena bagian pompa drain pada AC tidak berfungsi dengan baik. Jika Demikian, sebaiknya hubungi teknisi AC langganan anda. Ketiga, Bisa jadi AC Bocor karena saluran pembuangan air tersebut kurang rapat. Solusinya, anda bisa merapatkan selang saluran pembuangan air tersebut atau menngantinya jika terjadi kerusakan atau kebocoran.

FREON BOCOR

          Kebocoran Freon biasanya disebabkan oleh adanya sambungan instalasi pipa yang kurang kencang atau kendur. Solusinya, Kencangkan skrup dan nut. Bila perlu lakukan flaring (melebarkan) pipa ulang dan nut. Jangan lupa periksa sambungan las pada pipa untuk mencegah kebocoran.

AC BERBAU

          Apabila timbul bau sat AC baru dinyalakan biasanya ini disebabkan oleh sumber bau yang berasal dari ruangan itu sendiri. Misalnya makanan, maka bau makanan tersebut akan terbawa udara, lalu menempul pada kisi-kisi evaporator. Ketika AC Dinyalakan maka bau makanan tersebut ikut tertiup oleh udara dingin yang dikeluarkan AC.
          Solusinya, sebaiknya pilih jenis AC yang bisa mengatur waktu operasi AC. Jadi sebelum AC dinyalakan, kisi-kisi evaporator akan dibasahi secara otomatis sehingga bau-bau yang tadinya menempel akan hilang dan udara yang keluar dari AC lebih segar. Atau lakukan perawatan secara periodic dan lakukan pembesihan AC, baik dilakukan sendiri maupun meminta bantuan tenaga reparasi.

AC BERDERIT

          AC berisik dan berderit , penyebabnya bisa jadi karena skrup yang kendur. Jika demikian, kencangkan sekrup agar tidak berderit. Penyebab yang lain karena ada pipa yang bersentuhan dengan cover atau bagian penutup AC. Solusinya, atur posisi pipa sehingga tidak bersentuhan dengan Cover.

Visitor