Tips Membangun Kamar Mandi Rumah

Tips Membangun Kamar Mandi Rumah
Tips Membangun Kamar Mandi Rumah

Kamar Mandi merupakan area privat yang bisa digunakan untuk relaksasi tubuh kita. jenis kamar mandi ada Kamar Mandi basah dan ada kamar mandi kering. Jika anda baru akan membuat kamar mandi maka perhatikan hal-hal berikut ini :

Material Penutup Lantai Kamar Mandi
  • Pilihlah material yang bertekstur kasar karena tekstur kasar menjaga lantai tetap kesat walupun sering terkena guyuran air. Tapi kalau memang ingin memasang penutup lantai yang licin maka lapisi diatasnya dengan lapisan dari karet untuk mencegah pengguna kamar mandi terpeleset.
Sirkulasi Udara dan Pencahayaan
  • Jika anda membangun dengan luasan yang cukup maka seyogyanya di dalam kamar mandi terdapat tempat angin-angin yang cukup dan sinar matahari masih dapat masuk. tetapi kalau lahan yang dipunyai luasannya kecil kalau tidak memungkinkan dikasih lubang penghawaan maka solusinya harus disediakan blower dan tinggi atap kamar mandi harus ± 3 m.
Kemiringan Lantai
  • Kemiringan Lantai harus benar-benar menjadi perhatian, Karena untuk kamar mandi jenis basah maka air merupakan factor utamanya, sehingga harusnya air dapat mengalir ke saluran pembuangan dengan lancer. kemiringan lantai yang direkomendasikan antara 1º - 2º dengan arah kemiringan menuju saluran pembuangan atau floor drain.
Jika Penghuni rumah anda ada yang sudah berumur atau lansia dan anda mempunyai space dalam rumah dan ingin membangunkan khusus bagi penghuni lansia maka hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Pembangunan Kamar Mandi Khusus Lansia

Lantai Rumah
  • Pastikan lantai kamar mandi ada lapisan anti licin menutupi seluruh lantai kamar mandi dan usahakan pilihlah bahan yang tidak mudah tergeser dari tempatnya
Penerangan
  • Penghuni Lansia biasanya indera penglihatanya sudah menurun shingga kamar mandi harus dilengkapi penerangan yang sangat terang. untuk lebih memudahkan pasanglah lampu sendor sehingga tidak perlu menyalakan saklar untuk menyalakan lampu
Sambungan Lantai
  • Idealnya, antara ruang diluar kamar mandi dan ruang di dalam kamar mandi tidak ada perbedaan ketinggian. sehingga bisa meminimalisir penghuni lansia terjatuh.
Tambahan Railing
  • Railing berfungsi untuk membatu penghuni lansia untuk berdiri atau untuk pegangan. Railing sebaiknya berada sejajar dengan tinggi badan penghuni lansia
Keran
  • Pilihlah keran dengan desain yang sederhana dan system buka tutupnya mudah.
Shower
  • Jika kamar mandi dipasang shower akan lebih baik dibandingkan mengunakan bak mandi, karena bisa mengurangi gerakan mengambil air saat mandi

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »