3 Tanda Penyakit Flu Singapura dan Cara Menanganinya

 3 Tanda Penyakit Flu Singapura dan Cara Menanganinya
Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut atau Flu Singapura

Penyakit Flu Singapura atau disebut juga penyakit tangan, kaki dan mulut merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anal terutama di bawah 4 tahun. Penyakit ini sering disebabkan oleh inveksi virus enterovirus. Ada beberapa jenis virus enterovirus yang dapat menyebabkan penyakit flu singapura, tetapi yang paling sering adalah virus coxsackie A16. sesuai dengan namanya, penyakit ini menyerang tangan, kaki dan mulut anak. biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kemerahan di area tersebut.

Apakah Flu Singapura Menular?

Ya. Penyakit ini sangat mudah menular dari satu anak ke anak lainnya. dan penularan terjadi melalui udara. anak yang sedang menderita penyakit ini batuk dan bersin, kemudian menulari anak lainnya. Penyakit tangan, kaki dan mulut atau flu singapura sangat menular terutama pada minggu pertama sejak timbulnya gejala pada anak. anak yang sedang terjadi penyakit ini sebaiknya tidak masuk sekolah dandipisahkan tidurnya dari anak lain yang tinggal serumah untuk mencegah penularan.

Apa Tanda dan Gejala Flu Singapura?

Penyakit ini cukup mudah dikenali, biasanya tanda dan gejalanya adalah :
  • Pada permulaan anak akan demam (suhu 38ºC sampai dengan 39ºC) sekitar 1-2 hari.
  • Bisa diikuti dengan gejala lain seperti sakit tenggorokan, sakit mulut. anak biasanya menjadi tidak mau makan dan minum karena nyeri tersebut.
  • Timbul bintik-bintik dengan kemerahan di kaki, tangan danmulut. bintik-bintik tersebut berukuran sekitar 3 mm dan berisi cairan. bintik ini perlu dibedakan dengan bintik cacar air yang biasanya menyebar ke seluruh tubuh dan gatal. pada flu singapura bintiknya tidak terlalu banyak dan tidak gatal serta hanya timbul di kaki, tangan dan mulut. kadang-kadang di pantat. bintik di mulut tersebut bisa muncul di sekitar mulut, lidah dan bagian dalam pipi.

Apakah Penyakit Flu Singapura Berbahaya?

Penyakit ini hampir tidak berbahaya. biasanya penyakit ini ringan saja dan akan sembuh dalam waktu 3 – 7 hari. pada infeksi virus ini kadang dapat menyebabkan radang selaput otak,tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Apa Yang Perlu Dilakukan Bila Anak Terkena Flu Singapura?

Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya oleh kekebalan tubuh anak. Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan apabila anak anda terkena flu singapura :
  • Berikan sirup parasetamol. sirup parasetamol selain dapat menurunkan panas juga dapat mengurangi rasa sakit. Sirup parasetamol dapat diberikan tidak lebih dari 5 kali pemberian dalam sehari dengan dosis 10 mg/kg berat badan per kali pemberian.
  • Kompres tubuhnya dengan air hangat atau mandi dengan air hangat agar anakmerasa lebih nyaman.
  • Berikan minum yang banyak. Cairan yang paling bai adalah air putih atau susu.
  • Apabila anak mengeluh mulutnya sakit sehingga tidak mau makan dan minum, anda dapat membiarkan anak berpuasa selama beberapa saat. setelah itu berikan makanan yang lunak seperti bubur agar mudah ditelan. gunakan garam dapur pada makanannya sesedikit mungkin agar tidak menimbulkan rasa sakit sewaktu makan.
  • Bila terdapat banyak bintik di mulut dan lidah. anda dapat memberikan cairan antiseptic untuk berkumur.
Semoga bermanfaat…. silahkan like dan share… follow twitter @zaenal_zein

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »