Solusi dan Tips Penggunaan Pipa Pex, Pipa Anti Bocor dan Minim Sambungan

Solusi dan Tips Penggunaan Pipa Pex, Pipa Anti Bocor dan Minim Sambungan
Pipa Pex
Kebocoran dapat terjadi pada pipa instalasi air bersih, bisa disebabkan karena pipa sudah mengalami keretakan ataupun sambungan mulai tidak rapat. Kondisi ini tentu membuat air bersih terbuang percuma, sehingga penggunaan air menjadi boros. dan tagihan air meningkat.
Penyebab pipa mengalami kebocoran antara lain karena penggunaan pipa air kualitas rendah. banyak sambungan pada saat pemasangan instalasi. dan bisa disebabkan juga karena lem pipa yang kurang bagus kualitasnya sehingga daya rekatnya tidak tahan lama. Terlebih lagi jika pemipaan untuk menyalurkan air ke bangunan bertingkat menggunakan pompa, ini akan memberikan tekanan terutama pada sambungan dan lem pipa sehingga peluang pipa bocor menjadi lebih tinggi.
Permasalahan-permasalahan tersebut umumnya banyak dijumpai pada instalasi Pipa PVC. Untuk mengatasinya, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan pipa plastic PEX. Pipa Pex berbeda dengan Pipa PVC. memang keduanya sama-sama menggunakan bahan plastic. Tetapi Pada Pipa PEX molekul plastiknya dibuat saling mengunci antara satu dengan lainnya. Proses ini menciptakan sambungan tiga dimensional pada molekul sehingga kekuatan pipa Pex lebih besar daripada Pipa PVC.

Kelebihan Pipa Pex

Ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk memilih pipa PVC anda dengan Pipa PEX. berikut keuntungan Pipa Pex :

  • Biaya Angkut Murah, Pipa Pex mempunyai kemasan rol yang memudahkan untuk dibawa karena fleksibel dan praktis. misalnyamembawa pipa Pex sepanjang 150 meter masih dapat menggunakan sepeda motor.
Solusi dan Tips Penggunaan Pipa Pex, Pipa Anti Bocor dan Minim Sambungan
Pemasangan sambungan Pipa Pex
  • Minim Sambungan dan Mudah Ditekuk, pipa Pex bersifat fleksibel sehingga mudah ditekuk. Pada saat pengaplikasiannya pada instalasi pipa dirumah, ketika jalur pemasangannnya mengharuskan untuk berbelok pipa pex tidak memerlukan aksesori elbow ataupun knee. kecuali pada belokan yang menyiku (sudut 90º).
  • Minim Titik Kebocoran, dengan minimnya sambungan maka daerah rawan kebocoran pada sambungan dapat dikurangi
  • Pemasangan Lebih Cepat, Jika memang dibutuhkan sambungan maka pemasangan sambungan dilakukan menggunakan alat khusus. sehingga tidak perlu menunggu waktu lama agar pipa bisa dialiri air. pemasangan sambungan pada pipa PEXmenggunakan system pressing dengan alat Pressgun
  • Tahan Terhadap Tekanan Tinggi, pipa Pex yang terbuat dari Polyethylene dengan system molekulnya yang saling mengunci menghasilkan pipa yang kuat dan tahan pecah.
  • Tidak Terjadi Endapan dan Karat, tidak seperti pipa galvanis yang bisa berkarat dan pipa PVC yang permukaannya beresiko menahan laju kotoran, sehingga terjadi pengendapan, pipa PEX mempunyai permukaan yang dalam dan licin sehingga kotoran tidak mengendap.
  • Tahan terhadap suhu -30ºC - 95ºC, dengan tingkat ketahanan pada suhu ini maka pipa PEX  bisa digunakan untuk instalasi pipa air dingin dan pipa air panas.
  • Tahan Lama, estimasi pipa PEx dapat digunakan sampai dengan ± 50 tahun.
Ukuran Pipa PEX, di pasaran Pipa PEX dapat dijumpai dalam berbagai ukuran tergantung kepentingan pemakaian

Semoga bermanfaat… silahkan like dan share.. follow twitter @zaenal_zein

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »