Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah

Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah
Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah
Elemen yang membentuk taman adalah elemen Softscape dan Hardscape yang bersatu padu mewujudkan taman yang indah dan mempesona. Taman (softscape) tidak bisa berdiri sendirian, taman akan membutuhkan elemen perkerasan atau material alam (Hardscape). Material alam into meliputi batu alam, batu bakar atau koral. elemen tersebut bisa digunakan untuk jalan setapak dan dinding kolam. Elemen Hardscape lain bisa divisualkan berupa gazebo, Art work dll.

Ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam penataan elemen Hardscape yaitu :
  1.  Zoning, adalah adanya pembagian zona  peruntukan di dalam area taman, apakah zona tanaman, zona pendukung taman, dll. tentukan dan tempatkan ornament dari hardscape yang strategis di taman, mudah dipandang dari segala sudut interior rumah. dan dapat diakses dari berbagai penjuru ruang
  2. Tekstur, adalah peletakan tekstur dari elemen hardscape, yaitu tektur kasar (batu baa lam), atau Tekstur licin (koral). Perhatikan tekstur dan tonjolkan karakter bahannya. pilih bahan sesuai dengan tem ataman yang akan diangkat. Bisa saja kita kombinasikan semen cor dengan batu teplek untuk stepping stone.
  3. Harmonisasi, adanya perpaduan antara warna, ritme ataupun skala. selaraskan elemen tumbuhan dan material
  4. Fungsi, adanya batasan tegas fungsi atau kegunaan dari masing-masing elemen hardscape. Setiap elemen sebaiknya berfungsi membuat taman lebih baik, indah dan member ruang baru untuk aktivitas keluarga.
Tips Membuat Stepping Stone
Stepping stone merupakan semacam jalan setapak yang menyambungkan antara teras dengan taman. Dengan pembuatan steping stone kita bisa melihat seluruh taman tanpa harus menginjakkan kaki kita pada rumput taman. berikut tips membuat stepping stone
Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah
Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah

  • Pertama, tentukan konsep taman yang akan diusung. Sehingga kita bisa merancang letak, panjang dan bentuk dari stepping stone
  • Kedua, Lakukan pemilihan bahan yang pas. bahan itu bukan saja indah, tetapi juga harus kuat dan aman jika dipijak. dan saat huan tiba tidak membuat kita tergelincir.
  • Ketiga, Pastikan maksimal 2 -3 jenis bahan yang berbeda. Dengan cara ini kita bisa mudah merancang, membangun dan melakukan perawatan. misalnya, jalan setapak dari cor beton yang dikombinasi dengan aksen koral sikat.
Konsep Patung (Scuplture) Untuk Memperindah Taman
Patung bisa digunakan untuk memperindah dan mempercantik aksen dari taman. berikut caranya.
Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah
Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah
  • Kenali Bentuk, Tempatkan lampu sesuai dengan bentuk patung yang akan dipasang. misalnya patung yang menengadah bila diberi pencahayaan uplight tidak tepat. selain hanya menonjolkan sisi dagu, cahaya itu tidak membuat patung menjadi cantik. Tempatkan lampu dari atas maupun samping dimana patung berdiri.
  • Intensitas Cahaya, Atur intensitas pencahayaan yang tepat. atur pencahayaan supaya pas dengan bahan dasar patung. Misalnya patung berbhan marmer putih maka intensitas cahaya yang dipasang jangan yang berintensitas tinggi. karena marmer sifatnya memantulkan cahaya. kecuali patung dari perunggu maka bisa dipasang pencahayaan yang berintensitas tinggi.
  • Kombinasi Cahaya, Pergunakan beberapa sumber cahaya intensitas rendah. setiap cahaya dapat menyinari patung dari sudut yang berbeda-beda sehingga menghasilkan ekspos yang indah terhadap patung.

Semoga Bermanfaat.... silahkan like dan share... follow twitter @zaenal_zein
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »