Tips atau Cara Merawat Batu Alam pada Rumah Anda

Tips atau Cara Merawat Batu Alam pada Rumah Anda
Tips atau Cara Merawat Batu Alam pada Rumah Anda

Pada Pembahasan terdahulu tentang masalah yang biasa terjadi pada pagar rumah, Pada pembahasan kali ini akan membahas tentang penerapan batu alam di hunian rumah anda.

Batu Alam yang terpasang pada dinding rumah dapat memperindah tampilan rumah anda. akan tetapi batu alam juga memerlukan perawatan agar tidak tumbuh lumut noda dan lain sebagainya.

Berikut Tips untuk menangani permasalahan pada batu alam yang sering terjadi di rumah anda

Lakukan Pengecatan Pada Batu Alam.

  • Batu alam memiliki pori-pori yang besar sehingga rawan debu menempel dan tumbuh lumut dan noda jika terkena air hujan. langkah pencegahan adalah dengan mengecat batu alam tersebut. caranya, pengecatan dilakukan sebanyak 2 kali dengan mempergunakan teknik menganyam. Pengecatan pertama dilakukan secara mendatar, dan pengecatan keduanya dilakukan secara vertical. jarak antara 2 (dua) pengecatan tersebut ± 30 menit atau minimal ketika batu alam kita sentuh catnya sudah kering.
  • Biarkanlah cat mengering sempurna selama ± 8 jam setelah dilakukan pengecatan kedua. lindungi batu alam dari terpapar secara langsung sinar matahari dan air hujan.
  • Agar tetap terjaga keindahan batu alam di rumah anda, lakukanlah pengecatan ulang baru per 3 tahun sekali.
Lakukan Pemasangan Yang Benar Pada Material Batu Alam Rumah Anda

Memasang batu alam sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus, hanya, anda perlu mengetahui bagaimana memasang batu alam yang pas dan benar. berikut ini langkah-langkah pemasangan batu alam yang benar yaitu :

  • Kerik dinding sampai permukaan dinding kasar. Hal ini dilakukan agar plesteran dapat mengikat dinding dan batu alam secara lebih kuat.
  • Bersihkanlah debu yang menempel diseluruh dinding
  • Buat adonan plesteran, disarankan menggunakan semen instan disbanding semen konvensional karena zat aditif pada semen instan memiliki daya rekat lebih kuat dan cepat kering. tak kalah pentingkan perhatikan komposisi antara semen dan air
  • Lakukan pengecekan permukaan batu alam. jika ada serpihan semen plester segera lakukan pembersihan agar batu tidak ternoda.
  • Diamkanlah batu alam yang sudah terpasang selama 24 jam hingga plesteran mengering.
  • Terakhir, lakukan Pengecatan dengan cat khusus batu alam agar batu alam bebas noda, lumut dan terlihat mengkilap.
Semoga bermanfaat, silakan di share….

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »