Tips Desain Rumah Hemat Energi

Desain Rumah Hemat Energi
Desain Rumah Hemat Energi

Dewasa ini banyak di dengung-dengungkan ecogreen dengan konsep hemat energy. di sektor perumahan yang bisa dikembangkan adalah rumah hemat energy dalam hal ini hemat listrik.

Dengan Desain rumah hemat energy maka pengeluaran untuk bayar listrik dapat di tekan. Sebenarnya penggunaan AC, kipas angin, serta lampu dapat diminimalkan jika desain rumah benar-benar mempertimbangkan aspek pencahayaan dan sirkulasi udara dengan baik. selain bisa menghemat energy, pencahayaan dan sirkulasi udara yang optimal juga mampu menciptakan rumah yang sehat bagi penghuninya. Untuk mendesain rumah hemat energy ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Meninggikan Plafon

  • Idealnya jarak antara lantai dengan plafon rumah adalah 2,7 m – 3,5 m. semakin tinggi plafon maka semakin baik karena hawa panas yang berasal dari sinar matahari yang mengenai tap dapat diminimalisir dengan tingginya plafon.
Tambah Ventilasi

  • Banyaknya bukaan atau jendela pada rumah berguna agar udara yang berhembus dapat lebih banyak masuk ke dalam rumah menggantikan udara yang pengap di dalam rumah. Sehingga dapat meminimalkan penggunaan pendingin ruangan.
  • Cara lain adalah dengan menambah ventilasi pada beberapa ruangan, seperti ruang tamu, ruang makan atau ruang keluarga. Caranya adalah dengan menambah ventilasi dengan kisi-kisi. penambahan kisi-kisi pada jendela akan menambah memperlancar sirkulasi udara di dalm ruangan.
Tambahkan Kisi-kisi di Sisi Barat Rumah

  • Umumnya orang enggan mempunyai rumah yang menghadap ke barat, karena tersorot langsung sinar matahari di waktu senja, sehingga hawa di dalam rumah serasa panas. Rumah menghadap utara-selatan dianggap sebagian besar orang maupun arsitek merupakan posisi hadap rumah yang ideal. Jika anda sudah terlanjur mempunyai rumah yang menghadap kebarat maka buatlah secondary skin di sisi barat. Secondary skin dapat  dibuat dengan cara membuat kisi-kisi di depan dinding atau melapisi dinding dengan tanaman.
Penggantian Warna Cat

  • Pemilihan warna cat yang tepat dapat menurunkan suhu di dalam rumah. Warna-warna gelap cenderung menyerap panas, sedangkan warna putih atau warna terang cenderung akan memantulkan cahaya panas.  
  • Warna cat yang gelap cenderung mudah menyerap sinar matahari antara 70% - 90%. jadi pilihlah warna putih atau warna terang lainnya
Penambahan Material Penahan Panas

  • Material penahan panas berguna untuk mengurangi hawa panas sinar matahari . Anda dapat menggunakan insulator panas yang dipasang dibawah atap. bahan insulator antara lain, aluminium foil, cellulose fiber (daur ulang kertas Koran), Glass wool (terbuat dari bahan dasar fiberglass) dan Polyurethane foam.
Semoga bermanfaat….

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »