Tips Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Berbahan Stainless Steel

Tips Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Berbahan Stainless Steel
Tips Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Berbahan Stainless Steel

Peralatan Rumah Tangga sebagian besar berbahan dasar stainless steel. pada pembahasan terdahulu membahas tentang Tips Maintenance Sink Pada Dapur Tetap Mengkilap yang juga terbuat dari stainless steel. Peralatan rumah tangga seperti sendok, garpu hingga peralatan untuk memasak juga berbahan dasar stainless steel, keran dan gagang kamar mandi juga dari bahan itu juga. Bahan stainless steel dipilih karena tahan lama , anti karat dan tampilannya juga menarik.

Meski dikenal sebagai bahan anti karat, bukan berarti alat tersebut terbebas total dari resiko karat. bahan stainless steel yang selalu atau sering tertutup minyak saat memasak ataupun terlalu lama di tempat lembab seperti di kamar mandi, akan rentan mengalami karat. Untuk itu anda perlu melakukan pembersihan karat dari benda stainless steel.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan bantuan cairan atau bahan tertentu yaitu :

Cuka

  • Karat pada sendok, gunting, garpu bisa anda bersihkan dengan merendamnya di dalam cairan cuka. Lakukan perendaman selama semalam, lalu kikis noda karat tersebut. perendaman lebih lama dari satu malam juga bisa lebih membantu menghilangkan karatnya
Jeruk Nipis

  • Bahan ini memang sering digunakan sebagai campuran bahan pembersih alat dapur. Caranya taburkan garam diatas noda karat lalu lakukan perendaman dalam cairan lemon atau jeruk nipis. setelah direndam satu malam maka lakukan pengikisan noda karat pada peralatan berbahan dasar stainless steel.
Minuman Bersoda

  • Cara Lainnya adalah dengan merendam stainless steel yang berkarat ke dalam cairan minuman bersoda. Caranya dengan menuangkan cairan bersoda ke panic atau wajan yang berkarat, diamkan selama 30 menit lalu lakukan pencucian dengan air dicampur sabun.
Baking Soda.

  • Bahan ini memang terkenal dapat membersihkan berbagai macam benda, termasuk diantaranta alat rumah tangga dari bahan stainless steel. Caranya lakukan pencampuran baking soda ke air dengan takaran baking soda lebih banyak dari air. hal ini dilakukan agar terbentuk bahan seperti pasta. sehingga hasilnya lebih maksimal membersihkan noda karat. oleskan pasta baking soda ke bagian yang berkarat, kemudian gosok dengan sikat atau sabut baja.
Pasta Gigi

  • Keran air dan shower yang berkarat bisa dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi. diamkan beberapa menit. lalu bersihkan dengan spons
Penghilang Karat

  • Untuk Noda karat yang membandel alias tidak hilang dengan bahan pembersih yang telah disebutkan tadi maka gunakan bahan khusus penghilang karat yang dapat dibeli di supermarket terdekat.
semoga bermanfaat, silakan like dan share….

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar