2 Jenis Suku Bunga KPR dan Tips Waktu Ideal Pelunasan KPR Anda.

Suku bunga KPR.
Rumah Idaman Anda

Kredit Pemilikan Rumah/KPR merupakan kredit yang mempunyai tenor/jangka waktu panjang. minimal 10 tahun maksimal 25 tahun, tergantung kebijakan dari masing-masing perbankan penyalur KPR.  untuk saat ini keberadaan KPR sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah impiannya. Untuk mendapatkan rumah impian dengan fasilitas KPR, anda cukup menyediakan uang muka minimal sebesar 30% dari total nilai rumah, bahkan, ada pihak pengembang yang menawarkan untuk DP nya bisa diangsur selama beberapa bulan. Hal itu tentu dirasa ringan daripada menediakan dana Cash untuk membeli rumah impian.
Namun, Pembelian rumah melalui Fasilitas KPR akan membuat anda berhutang kepada bank, yang nantinya harus diangsur dalam jangka panjang. pilihan melunasi KPR pun berbeda-beda, tergantung dari besarnya uang muka dan usia nasabah saat mengajukan fasilitas KPR. Oleh karena itu kita harus memikirkan agar bisa melunasi KPR sebelum jangka waktu berakhir jika ada rezeki berlebih. berikut ini kapan Anda harus melunasi KPR.

Saat Anda Mempunyai Dana Cash Yang Cukup Untuk Pelunasan KPR

Rezeki orang tidak ada yang tahu, ketika anda memulai membeli rumah melalui KPR seakan-akan berpikir tidak akan bisa melunasi KPR sebelum jangka waktu KPR berakhir. Tetapi jika anda diberi rezeki dan cukup untuk melunasi KPR maka jangan ditunda, dana cash anda lebih baik digunakan untuk melunasi KPR. langkahnya anda harus menanyakan kepada bank berapa yang harus anda lunasi, sertipikatnya kapan bisa diambil dan siapkan dananya

Saat Suku Bunga KPR Tinggi

Saat anda mempunyai dana cash dan suku bunga KPR lagi tinggi maka waktu yang tepat anda untuk melunasi KPR, karena kita suku bunga tinggi maka angsuran per bulannya akan mengalami kenaikan juga. Setelah anda melunasi maka beban hutang anda berkurang dan beralih pada kepemilikan asset yang merupakan harta anda yang sewaktu-waktu dapat dijual.
Membeli rumah menggunakan KPR, anda harus mengetahui informasi mengenai system suku bunga yang diterapkan bank untuk KPR anda. berikut ini system bunga yang biasanya diterapkan oleh bank.

Suku Bunga Tetap (Fixed Rate)

Suku bunga yang diterapkan oleh bank yang tidak berubah dari waktu ke waktu. artinya suku bunga yang ditetapkan pada saat akad kredit akan berlaku selama jangka waktu kredit. Biasanya dalam KPR, bank memberikan fixed rate / suku bunag tetap 1 tahun s/d 5 tahun, tergantung besaran dan jangka waktu kredit. selanjutnya berlaku suku bunga floating

Suku Bunga Floating/Berubah (Floating Rate)

Merupakan suku bunga yang diterapkan bank secara berubah-ubah tergantung kebijakan bank Indonesia yang menetapkan BI Rate. artinya angsuran KPR anda akan mengalami kenaikan dan penurunan sesuai dengan suku bunga acuan dari Bank Indonesia. hal ini harus diantisipasi oleh anda karena kenaikan angsuran akan mempengaruhi cash flow anda setiap bulannya. Lebih baik ditanyakan kepada Bank perkiraan batas atas suku bunga floating sehingga anda dapat berpikir untuk melakukan pencadangan cash flow anda untuk angsuran yang tertinggi.
Baca Juga :


Semoga Bermanfaat…. Silahkan Like dan Share… Follow My Twitter @zaenal_zein

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »