2 Macam Biaya Kredit Pemilikan Rumah

2 Macam Biaya Kredit Pemilikan Rumah
Hitung Biaya KPR


Biaya –Biayanya meliputi Biaya KPR dan Biaya Notaris yang terkait dengan legalitas sertifikat dan pengikatan agunan antara lain

Biaya KPR

Merupakan biaya yang dibebankan bank kepada debitur KPR yang harus dibayarkan sebelum akad kredit yaitu

  • Biaya Provisi, Biaya pengganti kerugian bank biasanya dibebankan antara 1%-1,5% tetapi ada bank yang tidak membebankannya dengan pertimbangan mutasi debitur di bank tersebut.
  • Biaya Administrasi, Biaya administrasi dokumen yang dibebankan bank. besarannya tergantung plafond. Biasanya antara Rp.100.000 s/d Rp.1.000.000,-
  • Biaya Appraisal, Biaya untuk membayar appraisal (penilai agunan idependen)  yang ditunjuk oleh bank. besarannya antara Rp. 500.000 s/d Rp.1.500.000 tergantung obyeknya.
  • Proteksi Asuransi Jiwa, Proteksi jiwa ini biasanya sampai jangka waktu kredit berakhir. biayanya tergantung nilai pinjaman yang di cover dan umur dari debitur.
  • Proteksi Asuransi Kebakaran, Proteksi ini digunakan untuk melindungi agunan dari resiko kebakaran. besarnya tergantung nilai proteksi dan jangka waktunya

Biaya Notaris

Merupakan biaya yang dibebankan oleh notaris kepada debitur untuk mengurus legalitas agunan agar kelengkapannya memenuhi syarat –syarat dari hukum  jaminan kredit. biayanya antara lain :
  • Biaya Cek Sertipikat, Biaya ini untuk melakukan pengecekan keaslian sertipikat ke BPN, besarannya tergantung masing-masing notaries, biasanya antar Rp.100.000 s/d Rp.300.000
  • Biaya PK (Perjanjian Kredit), Biaya untuk pembuatan perjanjian kredit notariil, besarnya sesuai ketentuan
  • Biaya Pengalihan Hak (Akta Jual Beli), Biaya untuk memproses pengalihan hak dari pengembang atau pihak yang satu ke pihak yang lain. biayanya sesuai ketentuan.
  • Biaya Pengikatan Agunan, Agunan rumah yang dikuasai oleh bank dibuatkan pengikatan agunan yang disebut Sertipikat Hak Tanggungan, dimana Bank mempunyai hak preferensi terhadap agunan yang dikuasai. biayanya tergantung plafond kredit dan jangka waktu kredit.



Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya Berbagi.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »