Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

4 Gejala Gondongan dan Cara Mengatasinya

4 Gejala Gondongan dan Cara Mengatasinya
Penyakit Gondongan

Gondongan (Mumps) merupakan penyakit virus akut yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar liur yang ada di depan telinga (kelenjar parotis). Penyakit ini sudah dikenal sejak lama, bahkan hippokrates sudah menuliskannya sejak sekitar 2.500 tahun yang lalu. Gondongan/Mumps sempat menimbulkan wabah di dunia, tetapi kemudian menurun dengan sangat drastic sejak ditemukannya vaksin untuk gondongan yaitu MMR. Penyakit ini sangat menular, melalui droplet/ air liur yang keluar pada saat penderita gondongan berbicara, batuk atau bersin.  anak berusia dibawah 1 tahun sangat jarang terkena gondongan karena masih memiliki anti bodi dari ibunya.

Tanda dan Gejala Gondongan Pada Anak.

Penyakit ini membutuhkan waktu sekitar 15 – 24 hari sejak virus masuk ke tubuh untuk menimbulkan gejala . berikut 4 (empat) gejala gondongan sebagai berikut :
1.    Demam tidak terlalu tinggi dan biasanya akan menghilang dalam waktu 3-4 hari
2.    Sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, letih dan lesu.
3. Kemudian akan timbul pembengkakan di kelenjar liur dekat telinga yang lunak, kemerahan dan terasa sakit. Biasanya pertama mengenai satu sisi baru kemudian mengenai sisi lainya. Pembengkakan ini dapat berlangsung sampai 10 hari.
4. Gejala lanjutan lainna akan terjadi kesulitan untuk menelan makanan karena untuk membuka mulut saja terasa sakit.

Hal-hal Yang Perlu Dilakukan saat Anak Terkena Gondongan


  • Gondongan merupakan termasuk golongan penyakit yang dapat sembuh sendiri (Self limited disease) sehingga orang tua cukup member perawatan dan perhatian lebih serta membiarkan anak tidur lebih lama atau beristirahat penuh. Orang tua dapat memberikan sirup parasetamol yang berfungsi untuk menurunkan demam dan mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan tersebut. Berikan anak air putih yang cukup banyak agar anak tidak megalami dehidrasi. Karena Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan virus. maka pemberian antibiotic tidak diperlukan. Bila orang tua merasa khawatir dengan keadaan anaknya, sebaiknya bawa nak anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Komplikasi Yang Dapat Terjadi Akibat Gondongan

Sebenarnya komplikasi yang disebabkan gondongan sangat jarang terjadi. komplikasi yang sangat jarang terjadi antara lain :

  • Orkitis (radang pada buah zakar anak laki-laki)
  • Meningitis Aseptik (Radang selaput otak)
  • Ensefalitis (radang otak)
  • Tuli

Bagaimana Cara Mencegah Gondongan?


  • Cara yang paling efektif pencegahan penyakit gondongan adalah dengan memberian Vaksin MM. Vaksin diberikan 2 kali pada saat usia 15 bulan dan usia 4-6 tahun. Tanyakan pada dokter mengenai waktu dan cara pemberian yang paling tepat untuk anak. apabila anak terlambat diberikan vaksin.

Baca Juga :


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih
Follow my twitter @zaenal_zein

Visitor