Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

4 Penyebab Biduran atau Urtikaria dan Tips Cara Menanganinya

4 Penyebab Biduran atau Urtikaria dan Tips Cara Menanganinya
Timbul Bentol-bentol pada Biduran

Biduran dalam bahasa medisnya adalah urtikaria merupakan bentuk respon tubuh terutama kulit, terhadap alergen tertentu. Biduran sering terjadi baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. sekitar 25% manusia pernah mengalami biduran sepanjang hidupnya terutama yang mempunyai riwayat alergi dalam keluarganya. Pada anak angka kejadian biduran diperkirakan sekitar 2%-3%. Zat dalam tubuh yang berperan dalam timbulnya biduran adalah histamine. Biduran jarang berbahaya dan umumnya dapat diatasi dengan pemberian obat dan menghindari factor pemicunya.

Apakah Penyebab Biduran atau Urtikaria?

Biduran merupakan respon tubuh yang mengaktivasi system imun, terutama di kulit apabila tubuh bereaksi terhadap factor-faktor pemicu tertentu. Histamin dikeluarkan dan dihasilkan oleh sel mast yang bereaksi karena factor-faktor pemicu. factor pemicu atau penyebab biduran ada 4 (empat) yaitu :
1.    Tergigit oleh serangga atau binatang seperti laba-laba, ubur-ubur, kaljengking, lebah
2.    Memakan obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, kodein,antibiotik misal golongan penicillin
3.   Makanan tertentu seperti kacang, telur,susu, udang, kerang, ikan, gandum, sroberi atau tomat
4.    Infeksi seperti virus, bakteri atau parasit

Apa Tanda dan Gejala Biduran Pada Anak?


  • Tanda dan gejala biduran sangat bervariasi dan dapat mengenai sebagian atau seluruh tubuh. Biduran yang timbul di kulit akan terasa gatal dengan area kemerahan, kadang putih ditengahnya serta terlihat lebih menonjol dibandingkan kulit sekitarnya yang sehat. biduran kadang kala besar, kadangkala hanya kecil saja.
  • Biduran bisa bertahan beberapa hari, kadang-kadang bisa beberapa minggu. Biduran dianggap kronis jika berlangsung dan menetap selama lebih dari 6 minggu. Segera bawa anak anda ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan juga mendapat terapi yang tepat.

Tips Yang Dilakukan Apabila Anak terkena Biduran?

1.   Cobalah untuk mencari penyebabnya dan menghindarinya. ini merupakan langkah yang paling penting. karena selain untuk mneobati juga berguna untuk mencegah timbulnya biduran di kemudian hari.
2. Berikan kompres hangat pada anak dengan menggunakan handuk untuk mengurangi gatalnya.
3.   Berikan Obat Anti Alergi (anti histamine) yang dijual bebas di apotek. Obat anti alergi seperti Klorfeniramin maleat (CTM) dan difenhidramin dapat dibeli di apotek
4.    Konsultasikan dengan dokter jika anda masih ragu memberikan obat anti alergi pada anak.

Apakah Biduran dapat Menjadi Berbahaya?

Ya, meskipun sangat jarang terjadi. Biduran menjadi berbahaya jika terjadi reaksi alergi yang hebat di dalam tubuh yang disebut Anafilaksis. Biduran karena mengkonsumsi telur, susu atau obat-obat tertentu disinyalir menjadi penyebab terjadinya Anafilaksis. Pengobatan kejadian Anafilaksis adalah dengan pemberian obat-obatan anti syok seperti epinefrin dan antihistamin dan bila perlu diberi cairan melalui infuse. kemudian dilakukan pemantauanterhadap kestabilan anak.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih

Visitor