4 Tips Pencegahan Hepatitis B dan Terapi Pengobatannya

4 Tips Pencegahan Hepatitis B dan Terapi Pengobatannya
Bentuk Vaksinasi Hepatitis B

Hepatitis B adalah nama virus yang menginfeksi hati. virus ini diperkirakan menginfeksi 400 juta orang di seluruh dunia. Virus Hepatitis B merupakan salah satu penyebab hepatitis kronis dan kanker hati. Virus ini menyebabkan kematian kuranglebih juta orang / tahun. Pencegahannya melalui vaksinasi dan pengobatannya melalui terapi.

Apa Gejala dan Tanda Anak Terinfeksi Hepatitis B?

Bayi dan anak yang terinfeksi hepatitis B umumnya tidak menimbulkan gejala apapun sehingga sulit diketahui kecuali dengan pemeriksaan darah. Walaupun tidak bergejala, infeksi pada bayi dan anak-anak dapat berkembang menjadi infeksi hati kronis. Semakin mudausiaanak yang terkena infeksi semakin tinggi kemungkinannya menjadi kronis. Bayi baru lahir yang terinfeksi memiliki kemungkinan mengalami hepatitis kronis hingga 90%-95%. Bayi mengalami penyakit Hepatitis B biasanya dari ibunya. Pada anak yang sudah remaja, gejala hepatitis dapat berupa mual,muntah, badan terasa lemas, demam dan kulit serta mata terlihat kuning.

Bagaimana Mengetahui Anak Terinfeksi Hepatitis B?

Bila ada gejala diatas, periksakan nak anda ke dokter. Bayi atau anak yang anggota keluarganya terinfeksi hepatitis B perlu menjalani pemeriksaan darah (minimal HBsAg) untuk memastikan adanya infeksi. Hepatitis B pada bayi dan anak umumnya terjadi akibat penularan dari ibu ke bayi terutama saat melahirkan. Penularan Hepatitis B antar anggota keluarga kadang-kadang juga dilaporkan.

Bagaimana Infeksi Hepatitis B dapat dicegah?

Di Indonesia sudah tersedia vaksinasi yang sangat efektif mencegah Hepatitis B. sebaiknya setelah lahir bayi langsung diberikan vaksinasi Hepatitis B, agar transmisi dari ibu ke bayi dapat dihambat. Jika ibu hamil diketahui menderita hepatitis B (HBsAg positif), bayisebaiknya bila memungkinkan diberikan immunoglobulin hepatitis B serta vaksin Hepatitis B sebelum usia bayi 12 jam. vaksinasi bayi perlu dilanjutkan pada usia 1 bulan dan pada usia 6 bulan.

Apakah Hepatitis B pada anak dapat diobati?

Tidak semua anak dengan infeksi hepatitis B ideal diterapi. Pengobatan untuk hepatitis B yang ada saat ini hanya menunjukkan hasil yang cukup baik pada keadaan anak dengan respon imun yang baik. Apabila dijumpai keadaan ini barulah infeksi hepatitis B diterapi. Pada sebagian besaranak yang diperlukan adalah pemantauan agar dapat diketahui saat tepat untuk terapi dan kemungkinan terjadi keadaan yang lebih lanjut.

Tips Pencegahan Hepatitis B

Hepatitis B memang agak sulit untuk dilakukan pengobatan probablitasnya 10% sembuh dan sekitar 90%menjadi kronis. tetapi pencegahan dapat dilakukan sangat efektif dengan vaksin Hepatitis B. berikut 4 (empat) tips pencegahannya :
1.    Saat hamil, ibu sebaiknya diperiksa HBsAgnya apakah positif atau negative
2.    Bila ibu hamil HBsAg nya positif beritahukan kepada dokter yang menangani kehamilannya agar dapat dilakukan tindakan yang diperlukan
3.   Anak dari ibu HBsAg positif dilakukan pemantauan setelah umur 9 – 12 bulan (Setelah imunisasi lengkap) tentang HBSag nya dan anti H-Bs nya
4.    Pastikan bayi mendapatkan vaksinasi Hepatitis B sejak dini segera setelah lahir.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »