5 Ciri Anak Menderita Penyakit Hepatitis C dan Cara Menanggulanginya

5 Ciri Anak Menderita Penyakit Hepatitis C dan Cara Menanggulanginya
Hepatitis C probabilitas ke Sirosis Hati

Hepatitis C merupakan penyakit infeksi yang menyerang hati. Dahulu dikatakan hepatitis C karena non Hepatitis A dan Non Hepatitis B. Namun sekarang sudah diketahui penyebabnya secara pasti. Hepatitis C disebabkan oleh flavivirus dan merupakan salah satu penyakit kronik hati yang paling banyak diderita di dunia. Penularan Hepatitis C adalah melalui darah. biasanya paling sering terjadi melalui transfusi darah, hubungan seksual, penggunaan jarum suntik pada narkoba, dan penularan dari ibu ke bayinya.

Apa Tanda dan Gejala anak menderita Hepatitis C?

Setelah anak terpapar virus hepatitis C biasanya anak tidak menunjukkan gejala apapun. pada fase akut bisa juga menimbulkan gejala infeksi ringan seperti :
1.    Demam
2.    Mual dan Muntah
3.    Kehilangan nafsu makan
4.    Letih Lesu
5.    Berat Badan Turun
Sekitar 60%-80% dari anak yang terinfeksi hepatitis C akan mengalami hepatitis kronis. Kronis menandakan bahwa penyakit bertahan seumur hidup.

Bagaimana Penularan Hepatitis C dari Ibu kepada Bayinya?

Hepatitis C diketahui dapat menular secara vertical dari ibu ke anaknya, yaitu ketika anaknya dilahirkan. Selain itu dahulu dikatakan bahwa ibu yang terinfeksi Hepatitis C apabila menyusui anaknya maka anaknya tertular. padahal menurut penelitian tidak benar penukaran Hepatitis C melalui ASI (Air Susu Ibu). sedangkan Hepatitis A penularannya dari makanan dan lingkungan yang kurang bersih

Bagaimana Cara Dokter mendiagnosis Hepatitis C pada anak?

Hepatitis C pada anak didagnosis oleh dokter berdasarkan gejala yang ada pada anak dan dibantu dengan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah dan kultur jaringan. Pemeriksaan darah sangat penting karena dapat memastikan diagnosis.
Pada beberapa keadaan kadang diperlukan biopsy hati, yaitu mengambil sampel dari hatinya untuk diolah di perpustakaan

Bagaimana Cara Mengobati Hepatitis C

Setelah dokter memastikan  diagnosis tehadap anaknya menderita Hepatitis C maka dokter akan memberikan obat-obat yang dapat mengontrol virus dan  menurunkan Gejala Hepatitis C.
Pengobatan dilakukan dengan menggunakan interferon dan ribavirin yang memberikan respon yang cukup baik untuk anak-anak. Sayangnya sampai dengan saat ini belum ada vaksin Hepatitis C. Hepatitis C dapat disembuhkan, tetapi sekitar 30%-50% penderita tidak sembuh dengan pengobatan yang ada sekarang.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »