5 Gejala Atau Tanda Apendisitis (Radang Usus Buntu) dan Cara Mengatasinya

5 Gejala Atau Tanda Apendisitis (Radang Usus Buntu) dan Cara Mengatasinya
Gambar Lokasi Usus Buntu Di Perut Kita

Appendix atau nama lainnya adalah usus buntu adalah suatu bagian kecil dari usus besar yang letaknya di perut bagian kanan bawah yang berbentuk saluran kecil sebesar jari kelingking anak anda. Apendisitis atau radang usus buntu terjadi apabila mulut dari appendix tertutup oleh feses yang keras sehingga sisa makanan yang melewatinya terjebak dan menimbulkan radang. Akibatnya usus buntu mengalami pembengkakan, panas, merah dan terinfeksi.
Jika sudah terjadi radang maka usus buntu harus diangkat atau dioperasi karena di khawatirkan usus buntu akan pecah dan menimbulkan akibat yang lebih serius. Apendisitis sering terjadi pada anak-anak berusia diatas 3 tahun. Radang usus buntu lebih banyak dialami oleh anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.

Apa Tanda dan Gejala Anak Mengalami Usus Buntu?

Apendisitis pada bayi atau anak merupakan salah satu penyakit yang sulit didiagnosis karena gejalanya yang bervariasi dan tidak khas, tetapi ada beberapa gejala yang sering timbul pada apendisitis antara lain:
1.    Sakit Perut, yang muncul pertama kali di daerah pusat kemudian berpindah ke daerah perut kananbawah beberapa hari kemudian.
2.    Muntah akan muncul beberapa saat kemudian setelah nyeri perut timbul
3.    Demam biasanya tidak terlalu tinggi, tetapi akan meningkat apabila usus buntu tersebut pecah dan infeksi menyebar ke seluruh rongga perut
4.    Kehilangan nafsu makan
5.    Keinginan untuk berkemih meningkat.

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Anak Mengalami Apendisitis?

  • Apabila anak mengalami gejala-gejala tersebut diatas,maka segera bawa anak anda ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih mendetail dan ditambah dengan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan urin dan USG perut untuk lebih menegakkan diagnosis suatu penyakit.

Bagaimana Terapi Apendisitis Pada Anak?

  • Setelah dokter memastikan bahwa anak mengalami apendisitis maka satu-satunya terapi adalah operasi dengan cara mengangkat dan membuang usus buntu yang mengakami peradangan. Anak akan dibius total, kemudian dilakukan sedikit pemotongan di daerah perut kanannya untuk membuang usus buntunya. Tindakan operasi ini relative aman dan biasanya anak anda harus menjalani rawat inap selama 3 – 5 hari. Perawatan luka pasca operasi dapat dilakukan di rumah dengan mengikuti anjuran dari dokter. Normalnya, luka akibat operasi tersebut akan sembuh dalam waktu sekitar 2 minggu. Dokter juga akan memberikan obat antibiotic yang harus diminum sampai habis untuk mencegah infeksi

Tips Merawat Anak Di Rumah Pasca Operasi Apendisitis


  • Luka bekas jahitan yang telah mongering dapat dibersihkan dengan hati-hati menggunakan sabun dan air saj
  • Biarkanlah anak tidur siang lebih lama dari biasanya
  • Setelah kembali bersekolah, beri pengertian kepada anak untuk tidak berlari-lari atau mengangkat beban yang berat selama beberapa minggu
  • Konsumsi obat antibiotic harus diperhatikan dan harus sampai habis
  • Jangan lupa tetap melakukan control ke dokter sampai dinyatakan dokter luka akibat operasi telah sembuh.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »