Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

5 Hal Yang Perlu Diketahui dan Dilakukan Terhadap Penyakit Asma Anak

5 Hal Yang Perlu Diketahui dan Dilakukan Terhadap Penyakit Asma Anak
Anak menghirup Obat Asma
Asma adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan batuk, mengi dan atau kesulitan bernafas.Gejala-gejala serangan asma ini timbul secara periodic (hilang timbul) dan biasanya muncul karena adanya factor pemicu tertentu. Faktor –faktor yang dapat mencetuskan serangan gejala asma tersebut sangat beragam, diantaranya :

  • ·         Infeksi Virus
  • ·         Alergi Terhadap Debu
  • ·         Bulu-bulu Binatang Peliharaan
  • ·         Asap Rokok dan Asap Kendaraan bermotor
  • ·         Kegiatan Yang Berlebihan

Pada asma didapatkan reaksi yang berlebihan dan peradangan dari saluran napas menyempit dan pada akhirnya akan menimbulkan kesulitan bernafas.

Apa Penyebab Asma Pada Anak?

Penyebab asma belum diketahui secara pasti, tetapi sering terjadi pada keluarga yang mempunyai kecenderungan alergi (dinamakan atopi). Asama terjadi kurang lebih pada 12% anak di Negara berkembang.

Bagaimana Orang Tua Tahu Apabila Anaknya Menderita Asma?


  • Tidak seperti orang dewasa, asma pada anak mempunyai tanda dan gejala yang sedikit berbeda. apabila pada orang dewasa gejala yang khas adalah napas yang berbunyi/ mengi. maka pada anak-anak seingkali justru batuk adalah gejala utama asma.
  • Batuk Pada asma umumnya berlangsung lama (> 3 minggu), tidak kunjung sembuh, dan hilang timbul. Batuk seperti ini dan disertai dengan keluhan sulit bernafas atau sesak dan adanya mengi/suara waktu bernafas lebih mengarahkan diagnosis asma pada anak. Untuk memastikannya orang tua perlu membawa anaknya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Apakah Asma Bisa Disembuhkan?

Asma merupakan penyakit kronis yang dapat dikontrol. apabila asma telah terkontrol, maka gejala-gejala seperti batuk dan yang lainnya akan hilang dengan sendirinya atau dapat diminimalkan.

Pencegahan Apa Yang Perlu dilakukan Apabila Anak Terkena Asma?

Bawalah anak ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat, kemudian orang tua dapat melakukan beberapa langkah berikut ini :
1.    Jagalah keberihan ruangan anak anda. bersihkan debu dari mainannya, karpet dan tempat tidurnya.
2.    Berikan makanan yang sehat dan hindari makanan-makanan yang dapat mencetuskan serangan asma pada anak anda. Makanan seperti susu/produksusu, kacang-kacangan, telur, seafood dapat memicu serangan asma.
3.    Bila anak anda memiliki riwayat asma, jangan memelihara hewan peliharaan di rumah anda, terutama hewan berbulu seperti kucing dan anjing.
4.    Stop rokok. asap rokok yang anda hisap dapat memicu serangan asmapada anak anda.
5.    Yang terpenting adalah selalu perhatikan penggunaan obat asma yang diberikan oleh dokter anda, terangkan kepada anak anda bagaimana cara menggunakannya.

Obat Apa Yang Biasa Diberikan Dokter Untuk Anak Penderita Asma?

Untuk Asma, ada 2 (dua) jenis obat yang akan diberikan kepada anak oleh dokter yaitu obat untuk mencegah timbulnya serangan asma dan obat untuk mengatasi serangan asma.

  • Obat jenis pertama adalah obat controller (kortikosteroid, sodium krmaglikat, antagonis leukotrien), lebih bersifat mencegah timbulnya serangan asma. Obat ini bekerja dengan jalan mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi di saluran nafas anak anda sehingga anak akan lebih mudah untuk bernapas. Biasanya obat-obatan ini harus rutin diminum setiap hari dalam jangka waktu yang lama.
  • Obat jenis kedua adalah obat reliever (bronkodilator, kortikosteroid) digunakan untuk mengatasi serangan asma. bekerja cepat dengan jalan melemaskan otot-otot saluran pernafasan, sehingga lebih mudah untuk bernafas.

Obat-obatan asma sering diberikan dalam bentuk inhaler (hirup) baik sendiri-sendiri atau bersamaan, tetapi juga bisa dalam bentuk kapsul atau pil. konsultasikan selalu dengan dokter mengenai obat obatan tersebut dan dokter akan memberitahukan manfaat serta efek samping dan cara penggunaan yang tepat dari masing-masing penggunaan obat

Tips Yang Dilakukan Saat Anak Terkena Serangan Asma

Serangan asma yang timbul dapat sangat menakutkan bagi sebagian orang tua dan datangnya bisa mendadak. untuk itu orang tua harus tetap teang dan lakukan beberapa langkah-langkah berikut ini :

  • Berikan Anak obat asma jenis reliever. obat ini bekerja sangat cepat (kurang dari 10 menit) untuk melapangkan jalan napasnya.
  • Dudukkan anak, lalu minta anak untuk bernafas secara perlahan.
  • Bila tidak ada tanda-tanda perbaikan, atau bahkan memburuk, segera bawa anak anda ke dokter atau rumah sakit terdekat.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih. follow my twitter @zaenal_zein

Visitor