5 Tanda atau Gejala Demam Rematik Pada Anak dan Cara Menanganinya

5 Tanda atau Gejala Demam Rematik Pada Anak dan Cara Menanganinya
Alat Ekokardiografi untuk mendeteksi Penyakit Jantung Rematik
Demam rematik adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri sterptokokus grup A. meskipun tidak selalu berhubungan dengan gejala demam rematik, bakteri streptokokus grup A terdiri dari berbagai jenis dan hanya beberapa jenis saja yang dapat menyebabkan demam rematik.
Demam rematik cukup sering terjadi pada anak usia 5 – 15 tahun dengan gejala yang paling sering terlihat adalah randang sendi dan radang jantung (karditis).

Apa Tanda dan Gejala Demam Rematik Pada Anak?

Tanda dan gejala demam rematik biasanya timbul 2-6 minggu setelah infeksi tenggorokan yaitu :
1. Polyarthritis (radang yang mengenai banyak sendi) dengan nyeri yang berpindah-pindah dari sendi yang satu ke sendi lainnya. gejala ini biasanya muncul paling awal dan berlangsung selama 4 minggu.
2.   Radang pada jantung dan katupna (karditis dan valvulitis)
3.   Adanya benjolan keras yang timbul di bawah kulit
4.   Tidak bisa mengontrol gerakan tangan dan kaki
5. Kemerahan pada kulit yang tidak gatal, terutama mengenai daerah tubuh, kadang ke kaki dan tangan. tetapi tidak mengenai wajah.

Tanda dan gejala ini perlu juga dikonfirmasi dengan hasil pemeriksaan laboratorium seperti titer Anti Streptolisin O (ASO).

Apa komplikasi lebih lanjut dari demam rematik yang tidak diobati?

Komplikasi lebih lanjut dari demam rematik adalah penyakit jantung rematik. Hal ini biasanya terjadi sekitar 10-20 tahun sejak terkena infeksi dari streptokokus. Pada penyakit jantung rematik didapatkan kerusakan katup-katup jantung yang merupakan komplikasi serius dan mungkin memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya. untuk pencegahan penyakit jantung rematik biasanya dokter memberikan obat-obatan profilaksisyang harus diminum dalam jangka waktu lama (bisa sampai bertahun-tahun).

Bagaimana Cara Mengobati Demam Rematik?


  • Pengobatan demam rematik yang terutama adalah menggunakan obat anti radang seperti aspirin. Pemberian antibiotic untuk eradikasi kuman diberikan minimal selama 10 hari dan untuk pencegahan jangka panjang diberikan minimal selama 5 tahun.
  • Pemberian obat lainnya seperti steroid akan ditentukan berdasarkan pemeriksaan dokter. Untuk pencegahan Gagal Jantung diberikan obat-obatan diuretic dan penghambat ACE (Angiotensin Converting Enzyme) untuk mengurangi beban jantung.

Bagaimana Cara Mencegah Demam Rematik?


  • Hal yang utama yang dapat dilakukan untuk mencegah demam rematik adalah dengan cara mengenali infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptkokus grup A. Biasanya infeksi tenggorokan yang disebabkan bakteri streptokokus grup A menunjukkan gejala demam, nyeri menelan dan bengkak di sekitar leher. Bila Anak mengalami infeksi tenggorokan dan batuk yang tak kunjung sembuh dengan gejala diatas, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk mengenali secarapasti penyebabnya


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share, memberi komentar dan baca artikel lainnya… terima kasih. silahkan follow twitter @zaenal_zein

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »