12 Gejala dan Tanda Hipertiroid Pada Anak dan Bentuk Terapinya

12 Gejala dan Tanda Hipertiroid Pada Anak dan Bentuk Terapinya
Letak Kelenjar Tiroid Di Leher

Hipertiroid merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan kadar hormone tiroid yang berlebihan di dalam tubuh. Pada anak, hipertiroid dibedakan 2 jenis yaitu Hipertiroid bawaan (Congenital) dan Hipertiroid yang didapat setelah lahir (Acquired). Hipertiroid jarang ditemukan pada bayi dan anak.
Berikut penjelasan hipertirod bawaan dan hipertiroid yang didapat setelah lahir .

1.   Hipertiroid Bawaan (Congenital)


  • Hipertiroid jenis ini terjadi karena adanya tirotoksikosis (Keracunan tiroid yangberlebihan) pada ibunya dan hanya ditemukan pada 1 dari 70 ibu dengan tirotoksikosis. Sedangkan angka kejadian tirotoksis pada ibu hamil adalah 1-2 per 1.000 ibu hamil. Jadi angka kejadian dari bayi dengan hipertiroid kongnital adalah sekitar adalah 1-2 dari 70.000 kelahiran. hipertiroid ini jarang terjadi. tetapi apabila tidak diketahui dan bayi tidak mendapat terapi maka akibatnya bisa fatal.

2.   Hipertiroid Yang Didapat Setelah Lahir (Acquired)


  • Pada Hipertiroid yang didapat setelah lahir (acquired) kejadiannya juga jarang. biasanya hipertiroid ini didapat menjangkiti anak perempuan yang menginjak usia remaja dengan penyakit auto imun seperti penyakit grave dan penyakit hashimoto (Hipotiroid auto imun) pada fase toksik akut.

Apa Gejala dan Tanda Hipertiroid Pada Anak?

Gejala dan tanda hipertiroid berhubungan dengan keadaan metabolism tubuh yang meningkat (hipermetabolisme) akbat pengaruh system syaraf simpatis. Berikut tanda dan gejala tersebut diantaranya :
1.   Pembesaran kelenjar tiroid di leher
2.   Mudah lapar
3.   Sering berkeringat
4.   Penurunan Berat Badan
5.   Jari-Jari tangan yang gemetar (tremor)
6.   Detak jantung yang keras dan cepat
7.   Kuning Pada Bayi
8.   Pembesaran Hati dan Limpa
9.   Mata Menonjol Keluar (Disebut juga eksoftalmus).
10.     Sering Mencret-mencret
11.     Sering merasa cemas
12.     Cepat lelah dan sering mengantuk

Bagaimana Cara Dokter Mengetahui Diagnosis Hipertiroid Pada Anak?


  • Selain ditemukannya gejala dan tanda tersebut diatas, maka dokter akan meminta tambahan pemeriksaan laboratorium yaitu pemeriksaan kadar FT 4 yang biasanya meningkat dan Kadar TSH (Thyroid Stimulating Hormone) yang biasanya menurun di dalam darah anak. Konfirmasi pemeriksaan darah tersebut dapat lebih memastikan diagnosis hipertiroi pada anak.

Apa Terapi Penyembuhan Hipertiroid pada Anak?


  • Terapi hipertiroid tergantung pada jenis penyakit yang mendasarinya. Basanya dokter akan memberikan obat-obat seperti PTU (Propilthionurasil) atau Karbimazol. dan umumnya dokter akan memberikan obat-obatan tersebut dalam jangka waktu 2 (dua) tahun. Pada keadaan tertentu kadang diperlukan operasi tiroidektomi yaitu operasi menghilangkan sebagian kelenjar tiroid. Hipertiroid yang sudah kembali normal dapat kembali kambuh/relaps pada sekitar 40% s/d 70% penderita.

Baca Juga : 5 Ciri Anak Menderita Penyakit Hepatitis C dan Cara Menanggulanginya

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share, memberi komentar dan baca artikel lainnya… terima kasih. silahkan follow twitter @zaenal_zein akan saya follow back




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »