Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

2 Jenis Hipotiroid dan Cara Terapi Penyembuhannya

2 Jenis Hipotiroid dan Cara Terapi Penyembuhannya
Hipotiroid

Hipoitroid merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kadar hormone tiroid di dalam tubuh yang dibawah kadar normal. tiroid adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid di leher. Fungsi hormon tiroid adalah untuk perkembangan dan pertumbuhan badan. Hormon tiroid dibentuk dari yodiumyang ditangkap oleh sel kelenjar tiroid. Hipotiroid dibedakan menjadi 2 jenis hipotiroid yaitu Hipotiroid bawaan (congenital) dan Hipotiroid Yang Didapat setelah lahir (Acquired). Hipotiroid cukup sering ditemukan pada bayi dan anak terutama hipotiroid congenital. Hipotiroid jenis ini ditemukan pada 1 dari setiap 3.000-5.000 kelahiran.
Berikut penjelasan 2 (dua) jenis Hipotirod yaitu :

1.   Hipotiroid Bawaan (Congenital)

Bayi dengan hipotiroid congenital lahir dengan keadaan tiroid yang kurang berfungsi. Beberapa penyebab terjadinya hipotiroid congenital adalah:

  • Tidak terbentuknya kelenjar tiroid.
  • Pembentukan hormone tiroid yang gagal
  • Defesiensi Yodium
  • Defisiensi TSH (Tyroid Stimulating Hormone)

Gejala dan tanda dari hipotiroid Congenital berbeda dengan Hipotiroid Yang Didapat. Gejala yang tampat pada bayi terjangkit hipotiroid congenital adalah gagal tumbuh kembang, bayi kuning yang berkeppanjangan, konstipasi, lidah yang besar, kulit yang kering dan dingin, masalah makan, suhu tubuh yang rendah, menangis secara berlebihan dan wajah yang bengkak.

2.   Hipotiroid Di dapat (Acquired)


  • Hipotiroid yang didapat (Acquired) lebih jarang terjadi apabila dibandingkan Hipotiroid Congenital. Biasanya hipotiroid yang didapat ini terjadi karena penyakit auto imun seperti Diabetes Melltus Tipe I. Tiroididtis Autoimun atau ada anak dengan Sindrom Down.
  • Hipotiroid didapat lebih sering dijumpai pada anak perempuan dengan angka kejadian sekitar 1,2%. Gejala klinis Hipotiroid  pada tipe ini adalah gangguan pertumbuhan badan dan adanya pembengkakan di leher. Gejala lainnya adalah konstipasi, pubertas yang terlambat, kulit kering dan detak jantung yanglambat. kesulitan belajar.Gejala Hipotiroid ini ada yang mirip dengan gejala Hipertiroid

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Hipotiroid Pada Anak?


  • Selain tanda dan gejala yang telah dibutkan diatas, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan kadar TSH dan FT4. agar tidak terlambat, pemeriksaan TSH sebaiknya dilakukan secara rutin pada semua bayi baru lahir untuk mendteksi adanya hipotiroid. Hal ini penting agar hipetiroid, bila ada, dapat segera dilakukan terapi. Hipotiroid yang terlambat diterapi dapat menurunkan IQ anak.

Bagaimana Cara Terapi Hipotiroid?


  • Pada umumnya, baik Hipotiroid congenital maupun hipotiroid yang didapat, keduanya memerlukan tambahan hormone tiroid (tiroksin). Hormon tambahan tersebut biasanya diberikan selama kurang lebih 2 minggu. Baru kemudian hormone tiroid di dalam tubuh anak diperiksa kembali. Apabila Hipotiroid congenital dapat dipastikan maka terapi dapat dilakukan sedini mungkin (biasanya dimulai pada usia 3 minggu) Terai sedini mungkin ini bertujuan untuk menghindari timbulnya gangguan belajar pada anak.

Apakah Hipotiroid Dapat Disembuhkan?


  • Hipotiroid memiliki kemungkinan sembuh yang cukup baik yang ditandai dengan perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang baik. tetapi terkadang membutuhkan pengobatan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share, memberi komentar dan baca artikel lainnya… terima kasih. silahkan follow twitter @zaenal_zein akan saya follow back

Visitor