Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

2 Penyebab Infeksi Mata Pada Anak dan Hal Yang Harus Dilakukan

2 Penyebab Infeksi Mata Pada Anak dan Hal Yang Harus Dilakukan
Mata "Belekan" salah satu Tanda Infeksi Mata

Infeksi mata sangat sering terjadi pada anak-anak. Penyebab Infeksi Mata pun sangat beragam, mulai dari virus, bakteri dan alergi. Kuman-kuman tersebut masuk mata melalui debu, mata sering dikucek kucek tangan yang kotor. Infeksi mata pada bayi dananak-anak jarang berbahaya, meskipun ada beberapa infeksi mata yang berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan penglihatan


Apa Penyebab Infeksi Pada Mata ?

Penyebab infeksi mata cukup banyak. bayi sering terkena infeksi mata karena system imunitas tubuhnya belum sempurna. penyebab infeksi mata antara lain :

1.   Bakteri

Merupakan penyebab infeksi mata yang paling sering pada anak. bakteri yang sering menyebabkan infeksi mata adalah stafilokokus, streptokokus dan Haemophilus.

2.   Virus

Virus yang sering menyebabkan infeksi pada mata adalah adenovirus. virus lainnya seperti virus herpes simplex, virus varicella-zooster dan virus Epstein barr juga dapat menyebabkan infeksi mata walaupun jarang terjadi

ApaTanda dan Gejala Infeksi Mata


  • cukup mudah mengenali infeksi mata pada bayi dan anak-anak. biasanya mata akan bengkak, kemerahan dan perih. bila bangun tidur biasanya kan tampak kotoran di sekitar mata yang berwarna hijau kekuningan. Pada anak seringkali terjadi sticky eye yaitu mati bayi / anak-anak terpejam dan sulit terbuka karena kotoran yang banyak dan lengket pada matanya. Jika terjadi seperti itu bawalah anak anda ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

Apa yang dapat dilakukan bila anak terkena infeksi mata?


  • Sebelum membawa anak anada ke dokter atau rumah sakit terdekat, orang tua dapat mencoba membersihkan mata anak dari kotoran dengan diusap menggunakan kapas atau kasa yang bersih yang sebelumnya dicelupkan ke air hangat. Usap 1 kali ke mata anak anda lalu buang, ganti dengan kasa atau kapas lainnya. diulangi sampai bersih. bila belum sembuh maka saatnya anda membawa anak anda ke dokter. Biasanya setelah melakukan pemeriksaan mata, dokter akan memberikan resep tetes mata atau salep mata.

Apakah Infeksi Mata Menular?


  • Ya, Infeksi mata cukup mudah menular dari satu orang ke orang lainnya, naik melalui kontak langsung (seperti anak memegang mata orang lain yang sedang terkena infeksi mata, kemudian tanpa sengaja mengucek-ucek matanya dengan tangannya tersebut) atau melalui penggunaan bersama alat mandi (seperti handuk dan sapu tangan dan lain-lain)


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share, Komentar, baca artikel lainnya… Join Fanspage Rumahku Istanaku terima kasih
NB: No Spam, Komentar akan saya koment balik. trims

Visitor