2 Sistem Instalasi Listrik Yang Pas Membuat Rumah Aman dan Nyaman

2 Sistem Instalasi Listrik Yang Pas Membuat Rumah Aman dan Nyaman
Penataan Penerangan Yang Rapi di Kamar Tidur
 Sebelum melakukan pemasangan listrik, sebaiknya anda memahami beberapa hal dasar tentang instalasi listrik. Perama, terdapat 2 (dua) jenis daya listrik yang digunakan di rumah, daya 450VA-1.300 VA digunakan untuk rumah kecil dan 2.200 VA keatas digunakan untuk rumah besar. Kedua, jenis kabel. di dalam instalasi listrik dikenal phase, yaitu jumlah kabel yang dibutuhkan untuk menghantarkan arus listrik. biasanya untuk ukuran rumah kecil dibutuhkan 1 phase, dan untuk rumah besar dibutuhkan 3 phase.


Kita Harus tahu bahwa saat Instalasi Listrik diperlukan pembuatan panel yang membagi beban arus listri setiap bagian rumah. pada panel biasanya dipasang MCB (Mini Circuit Breaker). MCBberfungsi sebagai pengaman untuk tiap bagian ruang rumah kita sesuai dengan kebutuhan listriknya. Untuk ruang yang berdekatan aliran listriknya dapat dijadikan satu kelompok diwakili satu buah MCB.

Sistem Instalasi Listrik Di Rumah Anda


  • Sistem Instalasi listrik ada 2 yaitu Instalasi listrik dibuat terbuka dan tertutup. Pada Instalasi yang terbuka atau terlihat kabel listrik dibiarkan berada di luar tembok. Kelebihan system ini adalah kabel mudah diperiksa ketika terjadi kerusakan listrik. akan tetapi system ini kurang rapi karena banyak kabel yang terekspos di pinggir dinding atau plafon.
  • Jika anda ingin rapi anda bisa memilih system instalasi listrik tertutup. Pada system ini kabel listrik disembunyikan di dalam dinding plafon atau partisi. sebelumnya seluruh kabel dimasukkan ke dalam pipa berukuran 0.5 Inchi. Oleh karena itu jika ingin menggunakan system instalasi listrik yang tertutup, prosesnya harus dilakukan bersamaan dengan pembangunan dinding atau pemasangan plafon.
  • Pemasangan listrik di setiap ruangan juga berbeda. tetapi, yang paling mencolok adalah di area ruang keluarga, dapur dan area luar rumah. ini dikarenakan di ketiga ruangan tersebut biasanya memiliki jalur listrik lebih dari satu. Daya yang dibutuhkan di ketiga ruang tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan ruang lainnya di rumah. Lantas Bagaimana caranya agar ketiga ruang ini aman dari masalah listrik?. Oleh karena itu mari kita bahasa satu persatu

Ruang Keluarga

Pada ruang keluarga sebaiknya gunakan system pemasangan parallel untuk penerangan dan stop kontak. tetapi, sebelum membuat ini, anda harus membuat daftar penerangan yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan jenis penerangan apa saja yang dapat dipasang pada daya maksimal ruangan ini. Untuk mengetahui daya maksimal suatu ruangan, maka lakukanlah pembagian daya listrik keseluruhan rumah menjadi 2 (dua) yaitu untuk penerangan lampu dan stop kontak. 
 
Untuk penerangan, tarik kabel dari panel MCB hingga ruang keluarga. kemudian, bagi menjadi beberapa cabang kebel kea rah titik lampu dan saklar. sedangkan untuk stop kontan anda dapat membaginya sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya setiap barang elektronik memiliki stop kontak masing-masing untuk menghindari penumpukan pada 1 stop kontak yang bisa mengakibatkan hubungan arus pendek / korsleting. Jika barang elektronik yang memilik daya listrik yang besar, anda dapat membaginya ke beberapa panel MCB.

Dapur dan Ruang Makan

2 Sistem Instalasi Listrik Yang Pas Membuat Rumah Aman dan Nyaman
Penataan Penerangan di Dapur dan Ruang Makan
 Sebelum melakukan pemasangan listrik, buat daftar peralatan listrik, buat daftar peralatan listrik yang akan diletakkan di dapur dan ruang makan. jumlahkan beban daya listrik peralatan tersebut untuk mengetahui beban daya peralatan listrik tersebut untuk mengetahui besaran arus listrik yang dibutuhkan pada dapur dan ruang makan. Untuk penerangan lampu, anda bisa menempatkan beberapa titik lampu. salah satunya di bawah cabinet dinding untuk menerangi anda ketika memasak di dapur.

Pemasangan lampu dilakukan sebelum furniture cabinet dipasang. tarik kabel dari plafon, lalu teruskan melelui partisi gypsum hingga terhubung ke rumah lampu. sebaiknya gunakan system instalasi tertutup agar kabel aman dari proses panas yang terjadi saat memasak di dapur.

Luar Rumah

Instalasi listrik di luar rumah biasanya digunakan untuk lampu taman, penerangan kolam, dan lampu pagar. Aliran listrik untuk taman dapat dibagi menjadi beberapa rangkaian. Penempatan saklar untuk penerangan luar rumah sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang terdekat dengan taman. Anda juga dapat menggunakan sklar dengan fitur peredup atau dimmer untuk mengatur terang gelapnya pencahayaan ada area tertentu. Perhatikan pula material lampu yang akan digunakan pada luar ruangan. pilih lampu khusus outdoor yang tahan terhadap pengaruh cuaca dan benturan.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih
Follow my twitter @zaenal_zein akan saya follow back. trims..

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »