Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

2 Tanda dan Gejala Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengobatinya

2 Tanda dan Gejala Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengobatinya
Gambar Bronkus dan Bronkiolus

Bronkitis merupakan penyakit peradangan pada bronkus. Bronkus merupakan saluran pernafasan yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru. Bronkitis sering dijumpai pada anak dan merupakan salah satu penyebab umum pemberian antibiotic pada anak. Istilah bronchitis saat ini sebenarnya sudah jarang digunakan karena tidak spesifik. sekarang ini lebih sering digunakan bronkiolitis, hal ini merujuk adanya peradangan bronkiolus yaitu saluran pernafasan yang lebih kecil (percabangan dari bronkus). Bronkitis dibagi menjadi 2 (dua) yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Pada anak sangat jarang terjadi bronchitis kronis sehingga dalam pembahasan kali adalah bronchitis akut.

Apa Penyebab Bronkitis ?

Penyebab bronchitis akut umumnya adalah virus yang menyerang saluran pernafasan atas.yaitu  virus influenza, para influenza, corona virus dan Rhinovirus. Penyebab lainnya dapat berupa bakteri seperti :Streptokokus, Haemo Philus, dan Strafilokokus. Biasanya Bronkitis terjadi bersamaan dengan iritasi dari saluran pernafasan atas seperti akibat asap rokok, polusi udara atau zat kimia lainnya.

Apa Tanda dan Gejala Bronkitis?

Tanda dan gejala Bronkitis adalah :

Batuk


Batuk merupakan tanda utama bronchitis. batuk yang terjadi biasanya lebih dari 5 (lima) hari dengan produksi sputum (riak/lender) yang berlebihan. kadang kala batuk pada bronchitis dapat berlangsung selama 10 hari sampai 20 hari.

Demam


Kadangkala Bronkitis dapat disertai demam yang kemungkinann besar menandakan adanya infeksi oleh bakteri

Bagaimana Cara Mendiagnosis Bronkitis Pada Anak?

Selain berdasarkan dari tanda dan gejala-gejala tersebut, dokter akan memeriksa riwyat perjalanan penyakit dengan lebih teliti dan juga melakukan beberapa pemeriksaan tambahan (seperti pemeriksaan darah dan ronten dada) untuk mengeliminasi kemungkinan penyebab lainnya seperti asma dan pneumonia.

Bagaimana Cara Mengobati Bronkitis?

Terapi untuk bronchitis hampir sama dengan pengobatan penyakit common cold. Obat-obatan yang dapat dibeli di apotek adalah sirup parasetamol dan dekongestan dapat diberikan untuk mengurangi gejalanya. harus diingat bahwa bronkitis umumnya disebabkan oleh virus sehingga tidak diperlukan antibiotic sebagai terapinya, kecuali apabila dokter memikirkan bahwa penyebabnya adalah bakteri.

Semoga bermanfaat….Bagaimana menurut anda? silahkan disampaikan pengalaman menghadapi penyakit bronkitis semoga berguna bagi pembaca lainnya…

Visitor