5 Kesalahan Dalam Instalasi Listrik Rumah Anda


Ada 5 kesalahan umum yang biasanya ditemukan ketika melakukan instalasi listrik rumah. Meskipun hanya berupa kesalahan kecil tapi ternyata bisa berakibat fatal. Korsleting listrik dan kebakaran adalah beberapa contoh kecelakaan di dalam rumah akibat kelalaian ketika proses pemasangan listrik. Nah berikut setidaknya ada 5 (lima ) kesalahan umum saat instalasi listrik rumah :

Kesalahan instalasi Listrik
Kesalahan instalasi listrik

1.   Sakelar dan MCB (Mini Circuit Breaker) tidak memenuhi SNI

Sebanyak 99% kebakaran akibat  listrik terjadi karena Peralatan Listrik yang tidak sesuai standard an arus yang melebihi batas. peralatan listrik yang utama adalah kabel dan MCB

2.   Memasang Kabel Palsu dan Kabel audio

Pada kabel palsu rating yang tertera tidak sesuai dengan kemampuan hantar arusnya. misal tetera 2,5 mm tetapi di dalamnya hanya 1,5mm. Pastikan kabel yang digunakan adalah kabel untuk listrik bukan untuk audio. disarankan menggunakan kabel tunggal bukan serabut

3.   Pemakaian Daya melebihi Kapasitas MCB

Gunakanlah pemakaian listrik sesuai daya yang terpasang. misalnya untuk daya listri .300 VAmaka semua daya peralatan listrik maksimall 1.300 VA atau kurang. tidak boleh mengganti MCB diatas batas daya langganan anda. misalnya kita memiliki daya langganan 1.300VA (6A), MCBnya diganti dengan kapasitas 2.200VA (10A)

4.   Cara Menyambung Kabel yang tidak tepat

Diantara kita mungkin pernah membetulkan kabel yang terputus, beberapa kesalahan yang umum dilakukan adalah letak sambungan antara 2 (dua) buah kabel negative dan positif yang berdekatan, kurang kuatnya sambungan dan tidak terpasangnya islolasi khusus listrik. kesalahan ini dapat menyebabkan korsleting, tersengat listrik hingga kebakaran. Sebaiknya penyambungan alat-alat listrik.serta perbaikannya dilakukan oleh tenaga ahli kelistrikan yang sudah mempunyai sertifikat keahlian resmi.

5.   Kabel tidak sesuai SNI dan ukurang yang dibutuhkan

Hindari penggunaan kabel non SNI. gunakan kabel SNI dan sesuaikan  dengan kapasitas beban misal kabel ukuran 1,5 mm max 4A/900W, kabel ukuran 2,5 mm max 10A/2.200W, 4 mm max 16A/3.500W dst.. Setiap kabel memiliki arti yang berbeda-beda misalnya terdapat tulisan 2 x 1,5 mmmax 500W artinya adalah kabel tersebut dapat dipakai untk pemakaian maksimal 500 W.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih
Follow my twitter @zaenal_zein akan saya follow back. trims..

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar