5 Tips Pemilihan Kasur Yang Nyaman untuk Kamar Tidur Anda


Dari banyak penelitian yang dilakukan, baiknya kualitas tidur seseorang berbanding lurus dengan baiknya kualitas kamar tidur dan tempat tidur yang digunakan. Jika Anada sering merasa kurang segar ketika bangun tidur (padahal sudah tidur dengan aktu yang cukup) kemungkinan besar masalahnya berasal dari kasur atau tempat tidur yang digunakan. Kasur yang nyaman merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Lantas bagaimana cara memilih kasur yang nyaman? berikut ada 5 tips memilih kasur yang nyaman untuk kamar tidur anda yaitu :

5 Tips Pemilihan Kasur Yang Nyaman untuk Kamar Tidur Anda
Pilihlah Kasur sesuai kebutuhan anda

1.   Perhatikan Ukuran, Usia dan Berat Tubuh


  • Dalam memilih kasur, anda harus memperhatikan ukuran, berat dan usia anda sebelum membeli. Pilihlah kasur berdasarkan ukuran sesuai dengan ukuran, usia dan berat tubuh anda. Pilih kasur dengan ukuran panjang minimal lebih panjang dari tinggi badan orang yang akan menggunakannya.
  • Jika tinggi anda kurang dari 200 cm, anda bisa memilih kasur dengan ukuran standar (200 cm) tetapi jika tinggi anda lebih dari 200cm, sebaiknya anda memilih kasur yang non standar adar seluruh tubuh bisa ditopang sempurna.
  • Kemudian pilih kasur dengan ketebalan yang sesuai dengan berat badan orang yang akan menggunakannya. Apabila orang tersebut bertubuh kurus, maka lebih baik pilihlah kasur yang relative empuk. dan bagi yang gemuk maka sebaiknya pilih kasur yang agak keras
  • Faktor usia juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih kasur. Pada usia 50 tahun keatas tulang akan menjadi kurang fleksibel maka sebaiknya gunakan kasur yang lebih keras.

2.   Perhatikan Elastisitas Kasur


  • Kasur yang baik harus mampu menopang struktur tulang belakang tubuh. hindari memilih kasur yang terlalu lunak/empuk, yang kan menyebabkan tubuh dapat tenggelam di dalamnya. sebaliknya jangan pilih kasur yang terlalu keras, yang akan membuat bahu menjadi tertekan keatas dan membuat punggung dan bahu terasa sakit. Yang terbaik adalah pilihlah kasur dengan tingkat keempukan yang sedang.
  • Pemilihan kasur yang padat dan rata menjadi keharusan bagi penderita gangguan tulang belakang. Kepadatan dan kekenyalan kasur adalah factor utama dalam hal daya topang punggung.
  • Jika merasa posisi tubuh anda saat tidur seperti posisi berdiri terasa nyaman, maka hal ini menjadi tanda bahwa kasur dapat menopang tulang punggung dan lekukan tubuh. sehingga ruas-ruas tulang punggung ada pada posisi netral. Hal ini dapat membantu menncegah gangguan tulang belakang.

3.   Sesuaikan Dengan Suhu Kamar Tidur


  • Iklim tropis di Indonesia pada umumnya memiliki perbedaan suhu yang tidak se ekstrem Negara-negara yang mengalami 4 (empat) Musim. tetapi suhu yang panas di musim kemarau dan kecenderungan dingin dan lembab di musim penghujan bisa  menyebabkan ketidaknyamanan tidur. oleh karena itu jangan pilih kasur yang menyerap kelembaban atau air. karena akan memberikan masalah pada kulit atau bahkan dalam jangka panjang akan menyebabkan gangguan kesehatan.
  • Kasur yang memiliki lapisan busa memiliki daya serap kelembaban yang cukup tinggi.

4.   Cek Garansi Kasur


  • Tanyakan secara detail pada penjual jika anggaran memadai anda disarankan membeli kasur yang premium dengan garansi minimal 7 (tujuh) tahun. hitung-hitung investasi jangka panjang bagi kesehatan anda

5.   Pilih Kasur Yang Tidak memicu Alergi


  • Alergi menjadi masalah pada beberapa orang, terutama pada anak-anak. Pilihlah kasuryang bersifat hipoalergenik (kecil kemngkinan menimbulkan alergi) yang bisa meringankan alergi anda. saat ini hanya kasur lateks yang terbukti memenuhi criteria tersebut.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share dan baca artikel lainnya… terima kasih
Follow my twitter @zaenal_zein akan saya follow back. trims

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »