6 Langkah Penanganan Gigitan Serangga Pada Anak


Anak seringkali digigit serangga, baik di taman bermain, kebun belakang rumah, maupun di dalam kamar tidurnya. Beberapa serangga yang sering menggigit anak-anak adalah lebah, tawon, nyamuk, kutu ranjang dan semut. meskipun gigitan serangga biasanya tidak menimbulkan maslah yang serius tetapi tetap harus diwaspadai karena biasanya anak akan cenderung rewel jika digigit serangga.

Apa tanda dan Gejala Gigitan Serangga

Tanda dan gejala yang muncul biasanya berupa reaksi local di daerah yang digigit serangga tersebut. daerah yang digigit serangga akan tampak kemerahan, bengkak, gatal disertai nyeri.
6 Langkah Penanganan Gigitan Serangga Pada Anak
Bekas Gigitan Serangga

Langkah Apa yang perlu dilakukan apabila anak digigit serangga.

Cobalah beberapa langkah penanganan gigitan serangga dibawah ini :
1.   Perkirakan serangga apa yang menggigit anak anda. biasanya gigitan lebah yang paling mudah dikenali. Karena sengatnya akan tertinggal di daerah yang digigit.
2.   Apabila sengat lebah tertinggal di kulit anak, cobalah untuk melepaskannya secara perlahan-lahan. Jangan sampai memecahkan kantungnya karena bisa menyebabkan reaksi local yang hebat. Alat yang bisa digunakan adalah ujung kartu kredt. Jangan menggunakan penjepit karena justru akan membuat racun serangga tertinggal semakin banyak di dalam kulit.
3. Tempatkan kompres es atau air dingin di tempat gigitan. hal ini akan mengurangi rasa nyeri dan gatal yang terjadi.
4.   Orang tua dapat memberikan salep anti-histamin yang dijual bebas di apotek. Jangan lupa membaca aturan pemakaiannya terlebih dahulu.
5. Orang tua dapat memberikan sirup parasetamol yang dijual bebas untuk mengurangi rasa  nyeri dan bengkaknya
6.   Gigitan serangga akan membaik dtalam waktu kurang dari 48 jam. bila gejala tetap berlangsung atau memburuk maka segara bawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Apa Komplikasi dari gigitan serangga?


  • Gigitan serangga jarang menjadi berbahay, tetapi kadang dapat menyebabkan reaksi sistemik yang berat seperti syok anafilaksis.Syok anafilaksis merupakan respon tubuh terhadap gigitan seranga. tanda-tanda syok anafilaksis adalah mual, muntah kesulitan minum

Apa tanda Syok Anafilaksis Karena Gigitan Serangga?


  • Syok Anafilaksis merupakan respon atau reaksi tubuh yang berat terhadap gigitan serangga. Tanda-tandanya adalah mual, muntah, pusing, kesulitan bernafas, rasa tertelan di dada dan pembengkakan wajah yang timbul secara cepat dan mendadak setelah terjadi gigitan serangga. Syok anafilaksis merupakan keadaan gawat yang memerlukan bantuan segera dan dapat berakhir fatal.

Tips Menghindari Gigitan Serangga

1.  Nasehati anak agar tidak mengganggu serangga. serangga seperti tawon akan menyerang bila kita mengganggu sarang mereka.
2.   Kenakan baju lengan panjang pada anak bila ia ingin bermain di halaman luar
3.  Hati- hati apabila anak jajan dan memakan sesuatu diluar karena beberapa serangga tertarik makanan tertentu seperti es krim
4.   Bersihkan temoat-tempat yang sering digunakan untuk bermain
5. Coba gunakan losion anti serangga/nyamuk pada anak agar tidak tidak serangga/nyamuk. losion yang dianjurkan adalah yang mengandung DEET tidak lebih dari 10%.
6.   Jangan luppa membersihkan sisa losion anti nyamuk dengan sabun dan air bila anak sudah kembali ke dalam rumah.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share, memberi komentar dan baca artikel lainnya… terima kasih. silahkan follow twitter @zaenal_zein

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »