7 Tindakan Yang Harus Dilakukan Jika Anak Demam

7 Tindakan Yang Harus Dilakukan Jika Anak Demam
Jangan Panik, Cermati Gejala Yang Mengikuti Demam Anak Anda

Seorang anak dikatakan mengalami demam apabila suhu tubuh melebihi 37,5ºC (suhu ketiak). Suhu tubuh anak yang terus meningkat seringkali merupakan pengalaman yang menakutkan bagi para orang tua. Banyak orang tua yang khawatir demam dapat menyebabkan kerusakan otak, kejang, bahkan dapat menyebabkan kematian. Sebenarnya demam bukan penyakit yang berbahaya dan merupakan suatu respons perlawanan tubuh terhadap suatu infeksi. Demam bahkan bisa menjadi manfaat bagi tubuh anak. Demam pada anak-anak umumnya. disebabkan oleh virus dan virus tidak dapat dimatikan dengan antibiotic.

Apa Manfaat Demam ?

Demam, dalam beberapa penelitian, diketahui dapat bermanfaat bagi tubuh bayi dan anak, yaitu :

  • Membantu tubuh melawan infeksi.
  • Meningkatkan system imun dan memproduksi lebih banyak.sel darah putihuntuk melawan kuman ketika sakit.
  • Memperpendek lama sakit dan menurunkan derajat keparahan penyakit seperti batuk dan pilek.

Kapan Anak dikatakan Demam?


  • Apabila dalam pengukuran temperature ketiak menggunakan temperature air raksa didapatkan angka >37.5ºC. Umumnya demam disertai dengan gejala-gejala tambahan seperti sakit tenggorokan, muntah, diare, hidung berair, ruam kemerahan di kuit, menggigil dan sakit perut.


Apa Yang Dapat Dilakukan Jika Anak Mengalami Demam?

1. Anda dapat memberikan sirup parasetamol yang dijual bebas untuk menurunkan suhunya apabila anak rewel, gelisah, mengalami sakit kepala/perut. Sirup parasetamol bila perlu boleh diberikan setiap 4 jam sekali dengan dosis 10mg/kg. jangan menggunakan parasetamol lebih dari 50mg/kg. Artinya pada anak dengan berat badan 10Kg maka diberikan 100mg setiap kali minum dan total dalam sehari jangan lebih dari 500mg. Jangan memberikan anak aspirin untuk menurunkan panas anak karena dapat menyebabkan efek samping yang serius (sindrom reye).
2.   Ukur kembali suhu tubuh anak secara berkala dan catat hasilnya.
3.   Lepaskan pakaiannya dan buatlah anak senyaman mungkin. berikan padanya mainan atau boneka kesukaannya agar anak merasa lebih nyaman.
4.  Jangan membungkusnya dengan pakaian yang terlalu tebal, biarkan udara mendinginkan kulitnya.
5.  Jangan meletakkan anak di depan kipas angin, karena dapat membuatnya menggigil.
6.   Berikan anak anda air minum sebanyak-banyaknya yaitu dengan cara member makan sedikit-sedikit tetapi sering untuk mencegah agar anak tidak muntah
7.   Kompres tubuhnya (dahi,ketiak, leher, dada dan Perut) dengan air hangat. Jangan mengompres dengan air es karena dapat membuat anak menggigil. sementara mengompres dengan alcohol dapat membuat anak keracunan.

Kapan Anak Perlu Dibawa Ke Dokter?

Bawa anak anda ke dokter apabila terjadi 1 (satu) atau lebih gejala-gejala dibawah ini :

  • Anak Yang demam berusia kurang dari 3 bulan
  • Tidak mau makan atau menelan apapun
  • Selalu menangis Apabila anda menyentuhnya
  • Lehernya menjadi kaku
  • Suhunya lebih dari 39ºC.
  • Demam sudah berlangsung selama 3 hari
  • Muntah-muntah
  • Jika Anak mengalami kesulitan bernafas

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan like, share, memberi komentar dan baca artikel lainnya… terima kasih. silahkan follow twitter @zaenal_zein

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »