5 Gejala Hemofilia dan Terapinya


5 Gejala Hemofilia dan Terapinya
Lutut sebelah kiri terlihat bengkak, karena hemofili mengakibatkat perdarahan sendi lutut

Anak seringkali terjatuh pada saat bermain dan seringkali juga mengalami perdarahan akibat terjatuh. Perdarahan yang terjadi umumnya ringan saja, seperti misalnya lecet di lutut atau siku. Pada perdarahan ada 3 (tiga) factor yang diperlukan oleh tubuh agar dapat menghentikan perdarahan tersebut. yaitu factor pembuluh darah, factor trombosit, dan factor koagulasi (pembekuan darah). Pada hemogilia yang terganggu adalah factor koagulasi.

Apa itu Hemofilia?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, factor pembekuan darah di dalam tubuh merupakan salah satu factor yang berfungsi untuk menghentikan perdarahan bila terjadi luka. Faktor pembekuan darah di dalam tubuh ada banyak jenisnya. kekurangan salah satu factor tersebut akan menimbulkan gangguan pembekuan darah yang mengakibatkan darah sulit membeku sehingga terjadi perdarahan terus-menerus.
Hemofilia adalah salah satu jenis gangguan pembekuan darah yang disebabkan oleh karena tubuh kekurangan factor pembekuan darah tertentu (factor nomor VIII dan nomor IX). Hemofilia bersifat diturunkan (genetic) dan terkait dengan kromosom X resesif. Biasanya pada anak laki-laki akan menunjukkan gejala sedangkan pada perempuan, ia membawa gen hemophilia (karier). Biasanya, bila ibu mempunyai sifat pembawa gen hemophilia, maka anak laki nya bisa terkena hemophilia.
Untuk mendeteksi adanya gen hemophilia pada ibu, diperlukan pemeriksaan riwayat keluarga, analisis factor pembekuan darah dan analisis DNA. meskipun perempuan dengan kekurangan factor tersebut yang sangat parah dapat juga menunjukkan gejala. ada beberapa jenis hemophilia yaitu :
1.   Hemofilia tipe A (kekurangan factor VIII) terjadi pada 1 dari 5.000 kelahiran anak laki-laki.
2.   Hemofilia tipe B (kekurangan factor IX) terjadi pada 1 dari 30.000 kelahiran anak laki-laki

Apa Tanda dan Gejala Hemofilia pada Anak?

Tanda dan gejala hemophilia pada anak tergantung dari derajat keparahan penyakit. semakin tubuh kekurangan factor-faktor pembekuan tersebut maka semakin parah gejala dan tanda yang dapat dilihat. tanda dan gejalanya sebagai berikut :
1.   Adanya perdarahan di sendi-sendi atau otot-otot terutama pada saat anak mulai belajar berjalan atau merangkak
2. Perdarahan sering terjadi pada sendi lutut, yang dilihat sebagai pembengkakan sendi lutut
3.   Perdarahan akibat luka yang sulit berhenti
4.   Perdarahan dari luka sehabis sunat yang sulit berhenti
5.   Kadang didapatkan darah yang keluar bersama air seni (hematuria)
Tanda dan gejala tersebut biasanya akan mulai terlihat pada saat anak sudah berusia 1 tahun,ketika anak sudah mulai bisa merangkan dan berjalan.

Apa Terapi Hemofilia dan Berapa lama terapi diperlukan?

Hemofilia merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol. setelah dokter memastikan diagnosis hemophilia, maka dokter akan menentukan derajat keparahan penyakit dengan memeriksa kandungan factor pembekuan VIII dan IX dalam tubuh. setelah itu dokter akan memberikan Faktor-faktor pembekuan yang kurang tersebut secara berkala melalui infus. kadangkala diperlukan juga infus plasma darah yang mengandung factor VIII dan IX. tujuan terapi ini adalah untuk mencegah terjadinya perdarahan.

Apakah Hemofilia Menular?

Hemofilia tidak menular. menyentuh, berpelukan dan berciuman dengan orang yang menderita hemophilia tidak akan menyebabkan seseorang terkena hemophilia. Penyakit ini bersifat diturunkan dari satu generasi ke generasi di bawah ini


Semoga Bermanfaat….Bagikan kepada teman/ saudara anda siapatahu teman /saudara anda membutuhkan informasi ini. #Indahnya berbagi

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »