5 Hal Mengenai Kolam Ikan Di Rumah Anda

5 Hal Mengenai Kolam Ikan Di Rumah Anda
Kolam Ikan Di Dalam Rumah

Memiliki kolam ikan di rumah ternyata punya banyak kegunaan. Di samping menyalurkan hobi, kolam ikan juga bisa menjadi elemen dalam mempercantik eksterior rumah. Namun sebelum membuat kolam ikan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar kolam ikan yang anda buat sesuai dengan keinginan. berikut terdapat 5 (lima) hal yang harus diperhatikan dalam membuat kolam ikan di rumah anda :

1.   Ukuran Kolam Ikan

Sesuaikan ukuran kolam ikan dengan luas lahan yang anda milik. Besarnya luasan kolam ikan biasanya 10%-20% darinya luasnya halaman yang anda miliki. Sesuaikan juga model kolam ikan dengan luasnya halaman. untuk halaman yang kecil, disarankan untuk membuat kolam ikan dengan model minimalis seperti persegi atau persegi panjang.

2.   Jenis Ikan

Setelah memiliki ukuran kolam ikan yang pas, tentukan jenis ikan yang tepat. Ada beberapa jenis ikan yang membutuhkan kedalaman kolam ikan tertentu agar ikan tersebut hidup dengan baik.Misalnya kolam ikan koi sebaiknya dibuat dalam, minimal 2 m. jumlah ikan dalam satu kolam ikan juga perlu diperhatikan. jika ikan berukuran besar maka jangan letakkan ikan dalam jumlah banyak.

3.   Penyaring Ikan

Agar kolam ikan terjaga kebersihannya, pasang penyaring air atau filter pada kolam ikan. Kolam ikan yang menggunakan penyaring air akan lebih mudah dalam perawatannya. Ikan yang hidup di kolam penyaring air juga bisa lebih tahan lama karena kadar oksigen dalam air bisa tetap terjaga dan kotoran bisa tersaring ke penyaring air.

4.   Tanaman sekitar kolam

Jenis tanaman yang ditanam di sekitar kolam juga penting diperhatikan. Tanaman yang tepat bisa menghindari kolam ikan cepat kotor akibat daun-daun kering yang jatuh dari tanaman di sekitar kolam. Anda bisa memilih tanaman jenis palem-paleman yang berdaun lebar. jika daun palem mongering dan jatuh ke kolam anda akan lebih mudah mengambilnya karena ukuran daunnya yang lebar. jangan tanam tanaman semak di sekitar kolam, karena kolam termasuk area yang sering basah, tanaman semak bisa menjadi tempat bersarangnya hewan dan serangga yang suka tempat lembab seperti cacing dan bekicot. Hewan dan serangga tersebut pastinya akan merusak keindahan area sekitar kolam ikan anda. hindari juga menanam tanaman dengan daun-daun kecil dan seing rontok, sebab kolam ikan jadi cepat kotor akibat guguran daun dari pohon tersebut.

5.   Perawatan Kolam

Langkah penting yang terakhir adalah perawatan kolam. penggunaan penyaring air dapatmembantu kebersihan kolam tetap terjaga. namun, anda harus rutin membersihkan kolam ikan dengan cara menguras kolam ikan minimal sebulan sekali.
Gunakan sikat dan spons pembersih untuk menguras kolam. saat menyikat lumut, jangan sikat sampai habis. sisakan sedikit luut, karena lumut bisa menjadi makanan bagi ikan penghuni kolam ikan di rumah anda.


Semoga Bermanfaat….Bagikan kepada teman/kolega anda siapa tahu teman/kolega anda membutuhkan informasi ini. #Indahnya Berbagi.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »