5 Penyebab dan Tanda Glomerulonefritis Akut

5 Penyebab dan Tanda Glomerulonefritis Akut
Air Seni Dalam Darah akibat Glomerulonefritis Akut

Glomerulonefritis akut (GNA) adalah sindrom klinis yang ditandai dengan penyakit pada glomerulus ginjal dan penurunan progresif fungsi ginjal untuk waktu yang singkat. Glomerulus adalah bagian sel pada ginjal yang berfungsi sebagai saringan darah. jadi, Glomerulonefritis adalah radang pada glomerulus. Jenis-jenis glomerulonefritis itu sendiri sangat banyak mulai dari tipe anti_GBM, kompleks imun,Necrotizing Glomerulonephritis, dan tipe-tipe lainnya. Berikut 5 (lima) penyebab dan tanda glomerulonefritis Akut yaitu :

Penyebab Glomerulonefritis Akut

Glomerulonefritis Akut sebenarnya merupakan akibat dari penyakit dan menyebabkan Peradangan glomerulus di ginjal. Penyebab Glomerulonefritis Akut adalah :
1.   Post / setelah infeksi bakteri streptokokus
2.   Penyakit Henoch-Schonlein Purpura
3.   Sindrom Alport
4.   Penyakit Lupus
5.   IgA nefropati (penyakit berger)

Tanda dan Gejala Glomerulonefritis Akut

Biasanya Glomerulonefritis Akut pada anak ditandai dengan adanya :
1.   Darah pada urin (hematuri)
2.   Protein pada urin (Proteinuri)
3.   Pembengkakan pada tubuh (edema)
4.   Tekanan darah tinggi (hipertensi)
5.   Tanda-tanda gagal ginjal

Apa yang dimaksud dengan Post Streptokokus Glomerulonefritis?

Ini merupakan penyebab umum terjadinya Glomerulonefritis pada anak. Glomerulonefritis terjadi 2-3 minggu setelah anak terkena infeksi bakteri streptokokus grup A, awalnya anak menderita batuk akibat bakteri streptokokus grup A. infeksi tenggorokan akibat bakteri ini biasanya menunjukkan gejala batuk, nyeri menelan, demam, dan pembengkakan kelenjar di leher. dua minggu kemudian anak mengalami pembengkakan pada mata dan kai, hipertensi dan buang air kecil yang berdarah. Diagnosis Glomerulonefritis post infeksi streptokokus ini dapat ditegakkan bila didapatkan hasil pemeriksaan ASTO (Anti Streptolisin Tipe O) positif. pengobatan penyakit ini adalah dengan obat diuretic dan pembatasan cairan serta protein dalam diet sehari-hari.
Bagaimana dengan penyakit lainnya?
Selain karena infeksi streptokokus, penyebab glomerulonefritis lainnya memiliki tanda dan gejala yang berbeda, yaitu :

  • Penyakit Lupus (SLE/Sistemik Lupus Erimatosus) adalah suatu penyakit autoimun dengan gejala utama : ruam kemerahan di wajah, demam dan neri, serta peradangan di persendian. Penderita lupus kadang mengalami gangguan ginjal. Gangguan tersebut dapat berupa glomerulonefritis ringan sampai denganberat.
  • Sindrom Alport merupakan penyakit tutunan (genetic) yang ditandai dengan produksi dari kolagen tipe IV, serta adanya protein dan darah pada urin. Gangguan ginjal pada sindrom alport berupa Glomerulonefritis yang sering berkembang menjadi gagal ginjal terutama pada usia remaja. kadangkala didapatkan gangguan pendengaran dan penglihatan pada anak dengan sindrom alport.
  • Penyakit lainnya yaitu Henoch Schonlein Purpura (HSP) akan dijelaskan pada pembahasan yang lain

Apa Komplikasi Glomerulnefritis ?

Komplikasi yang cukup sering terjadi pada glomerulonefritis adalah gagal ginjal akut. selain itu, penurunan kesadaran karena tekanan darah yang meningkat (hipertensi Enselopati) juga bisa terjadi dan ini berbahaya. kadangkala juga dapat terjadi glomerulonefritis yang tidak sembuh tetapi berubah menjadi glomerulonefritis Kronis (GNK).


Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya Berbagi.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »