5 Tips Mengatasi Penyakit Dermatitis Atopik Pada Anak

5 Tips Mengatasi Penyakit Dermatitis Atopik Pada Anak
Pastikan anda merendam pakaian bekas anak di dalam air panas dan sabun

Impetigo merupakan infeksi bakteri pada kulit yang disebabkan oleh  Stafilokokus Aureus, Streptokokus Grup A atau kombinasi keduanya. Impetigo ada 2 (dua) jenis : Impetigo Bulosa (Impetigo dengan Lepuh) dan Impetigo Non Bulosa (Impetigo tanpa lepuh). Impetigo bulosa disebabkan oleh bakteri stafilokokus, sedangkan impetigo non bulosa disebabkan oleh bakteri lainnya. Daerah yang paling sering terkena adalah daerah wajah, leher dan tangan. infeksi kulit ini biasanya local (mengenai satu daerah saja). sangat mudah menular dan sering terjadi pada anak yang terkena gigitan serangga, sedang menderita dermatitis atopic/eksim, sedang menderita flu atau sering mengorek hidung.


  • Impetigo Bulosa dan Non bulosa timbul dengan tanda dan gejala yang berbeda. Pada impetigo bulosa, luka lepuh timbul dan dengan cepat bertambah banak serta bertambah luas. luka dapat teras gatal dan anak seringkali menggaruknya untuk menghilangkan rasa gatal. lepuh akan pecah dan mengeluarkan cairan coklat kekuningan. Impetigo bulosa sering mengenai daerah dada, punggung dan daerah selangkangan kaki. Pada umumnya impetigo bulosa tidak meninggalkan luka parut setelah sembuh.
  • Pada Impetigo Non Bulosa, luka biasanya berbentul vesikel/bulatan kecil berisi cairan. jika bulatan pecah dan cairan keluar maka akan meninggalkan luka koreng di daerah tersebut. Impetigo non bulosa biasanya mengenai daerah wajah, dekat hidung, telinga dan mulut. Impetigo non bulosa menyebabkan luka parut yang tidak dapat hilang.

Berapa lama Biasanya impetigo berlangsung dan bagaimana cara mengatasinya?


  • Impetigo non bulosa akan menghilang dengan sendirinya kurang lebih dalam waktu 2 (dua) minggu. Pengobatan impetigo adalah dengan antibiotic. salep antibiotic digunakan selama kurang lebih 7-10 hari dan bila dirasa perlu maka dokter akan memberikan antibiotic oral. Sebaiknya anak istirahat di rumah saja dan tidak pergi ke sekolah, karena dapat menularkan penyakitnya kepada anak lainnya. Bila anak sudah mendapat pengobatan selama 2 hari, maka sebetulnya impetigo sudah tidak menular. Impetigo yang sudah mendapatkan pengobatan akan sembuh dalam beberapa hari (2-3 hari kemudian). perlu diingat bahwa impetigo yang disebabkan oleh bakteri Streptokokus Grup A harus diperhatikan selama 8 minggu sesudahnya karena ada kemungkinan menyababkan glomerulonefritis Post Infeksi Streptokokus.

Bagaimana Cara Mencegah Impetigo Pada Anak?

Ada beberapa cara mencegah impetigo pada anak, yaitu :
1.   Biasakan menggunting kuku anak seara teratur atau bila anak sudah cukup besar, ajarkan untuk menggunting kukunya secara berkala. kuku harus bersih dan jangan sering menggaruk ataupun mengorek hidung secara berlebihan.
2.   Ketika garukan atau luka akibat gores terjadi, segera cuci dengan aid an sabun sampai bersih
3.   Jauhkan anak dari orang lain yang menderita impetigo
4.   Perhatikan apakah ada luka gores pada anak setelah anak selesai bermain. bila ada, segera bersihkan luka dan jaga agar luka tetap bersih.
5.   Kebersihan diri sangat penting untuk mencegah impetigo. biasakan anak mandi secara teratur setiap harinya dan selalu mencuci tangan setelah beraktivitas.
Semoga bermanfaat… Bagikan kepada teman/kolega anda siapa tahu teman/kolega anda membutuhkan informasi ini.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »