5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Di Rumah

5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Di Rumah
Kamar Tidur dengan Background warna biru

Tidur adalah istirahat yang paling baik untuk mengembalikan stamina yang terkuras setelah seharian beraktivitas. Jika tidur nyenyak, maka tubuh yang lelah pun akan kembali segar dan suasana hati akan lebih baik. Hal ini akan membuat orang jadi lebih semangat dan kinerja dalam keseharian mereka akan jadi lebih baik.
Namun, bagaimana untuk menghasilkan tidur yang berkualitas? tidur yang berkualitas disarankan tidak kurang dari 7-8 jam pada waktu malam hari. oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan jam tidur tersebut setiap harinya agar badan selalu prima.
Lalu, bagaimana dengan orang yang mempunyai aktivitas yang padat sehingga mengharuskan dia untuk terjaga hingga larut malam, bahkan hingga pagi hari? mau tidak mau waktu tidurnya harus diubah dari malam menjadi pagi hari ketika waktu kerja usai. Bila perlu, gunakan penutup mata dan gelapkan kamar agar tubuh jadi lebih rileks, shingga membantu kita cepat tertidur. Tak hanya waktu tidur yang harus dipenuhi, menciptakan suasana kamar yang nyaman agar kualitas tidur anda maksimal. Nah, ada 5 (lima) poin penting yang harus anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

1.   Warna Cat


  • Warna pada kamar tidur memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas tidur seseorang. Kamar yang menggunakan cat warna biru ternyata bisa membuat kualitas tidur sesorang menjadi lebih baik. ini dikarenakan warna biru memiliki sifat menenangkan yang bisa menimbulkan rasa rileks sehingga tidur menjadi lebih berkualitas. Seorang peneliti dari Edinburgh Sleep Center, London,Chris Idzikowski, mengatakan warna biru dipercaya dapat memperlambat denyut jantung sehingga orang akan lebih rileks saat tidur dan mengurangi tekanan darah. Di dalam retina mata terdapat sel yang sensitive terhadap warna biru, sehingga warna biru cocok untuk membuat mata rileks dan tidur jadi berkualitas.
  • Selain warna biru, warna lain yang bisa menjadi pilihan cat di kamar tidur adalah hijau. sama seperti warna biru, warna hijau akan memberikan perasaan santai dan semangat. Warna hijau akan memberikan kesegaaran sehinga mata jadi lebih rileks dan tidur pun akan jadi lebih nyenyak.

2.   Bantal Yang Sesuai


  • Elemen utama dari sebuah kamar tidur adalah kasur tisur dan bantal. pemilihan kedua benda ini menjadi sangat penting jia ingin memperbaiki kualitas tidur yang maksimal. untuk bantal, pilihlah bantal dengan isian yang pas. Terdapat berbagai jenis isian bantal yang bisa menjadi pilihan seperti bantal berisi busa,bulu, kapas atau wol hingga bahan sintetis.
  • Bantal isian busa cocok untuk menghindari pegal pada leher dan bantal berisi bulu dikenal nyaman karena lebih hangat.
  • Lain lagi dengan bantal berisi kapas atau wol. bantal jenis ini terbuat dari bahan Hypoallergenic yang alami yang aman untuk kulit sensitive. A
  • Anda juga bisa memilih bantal isian bahan sintitis yang terbuat dari Polyester. bahan ini biasa dibuat sedemikian rupa sehingga bantal menjadi lembut dan sangat nyaman untuk tidur.

3.   Lampu


  • Sudah banyak penelitian yangmengungkapkan bahwa tidur dengan mematikan lampu lebih baik dibandingkan tidur dengan lampu menyala. ini dikarenakan selama lampu menyala maka produksi hormone melatonin akan terhambat. hormone melatonin sangat penting dalam mengatur siklus tidur seseorang. apabila hormone ini terhambat, system tubuh akan terus bekerja, padahal, tubuh seharusnya mendapatkan jam istirahat paling tidak sepertiga waktu dalam satu hari.

4.   Suhu Ruangan


  • Suhu udara menjadi bagian penting selanjutnya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika kamar menggunakan pendingin udara, suhu terbaik untuk tidur adalah 20ºC - 21ºC. Meski begitu, bukan berarti kamar yang menggunakan pendingin udara atau AC lebih bai dibandingkan kamar Non AC. sirkulasi udara dari jendela juga menjadi poin penting. kamar yang terpasang AC harus mendapatkan pertukaran udara segar dengan membuka jendela di siang hari.

5.   Barang Elektronik


  • Barang elektronik bisa berpengaruh pada kualitas tidur akibat sinar yang dipancarkan layar elektronik terutama gadget. sinar dari layar tersebut memiliki spectrum yang berwarna-warni yang bebahaya dan bisa mengganggu tidur. sebaiknya jauhkan gadget dan alat elektronik lainnya dari kasur tidur anda agar tidur lebih nyenyak dan tubuh kembali bugar

Akibat Kualitas Tidur Yang Buruk

Ada beberapa efek dari kualitas tidur pada diri kita yaitu :

  • Konsentrasi akan menurun
  • Bagi anak-anak akan berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan motorik
  • Timbul gangguan kesehatan mulai dari penyakit yang ringan hingga berat
  • Bisa muncul gangguan psikologis sehingga akan mempengaruhi kehidupan social seseorang.

Semoga bermanfaat… Bagikan Artikel ini kepada Teman/Kolega anda siapa tahu membutuhkan informasi ini.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »