6 Langkah Membersihkan Freezer Lemari Es Rumah Anda

6 Langkah Membersihkan Freezer Lemari Es Rumah Anda
Freezer Pada Lemari Es

Lemari pembeku atau freezer merupakan salah satu bagian kulkas/lemari es yang jarang diperhatikan perihal kebersihannya. padahal freezer yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan bahan baku makanan seperti daging dan es krim, harus selalu dijaga kebersihannya. jika tidak , bahan baku makanan bisa rusak atau terkontaminasi bau tidak sedap yang muncul karena freezer lama tidak dibersihkan.
Salah satu hal yang sering terjadi pada freezer yang lama tak dibersihkan ialah muncul atau terbentuknya bunga-bunga es pada lapisan bagian dalam freezer. bunga es yang telah melapisi bagian dalam freezer akanmembuat suhu dingin di dalamnya berkurang. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan bahan baku seperti daging ayam dan sapi membiru karena kurang pendinginan, sehingga bahan baku tersebut tidak tahan lama. Bagaimana cara membersihkannya?

Alat dan Bahan


  • Spons
  • Handuk
  • Cuka
  • Air
  • Baking Soda
  • Sikat Gigi

Berikut 6 Langkah Membersihkan Freezer Lemari Es Rumah And
  1. Anda tidak bisa membersihkan freezer yang masih terisi penuh. oleh karena itu keluarkan semua makanan yang ada di dalamnya. Pastikan Freezer sudah kosong
  2. Setelah Freezer dikosongkan, cabut listrik dan buka pintu kulkas/lemari es beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk mencairkan es yang menempel di dinding freezer. Biasanya langkah ini akan berlangsung selama beberapa jam. tergantung seberapa banyak es yang menempel. Biasanya freezer lemari es zaman sekarang sudah dilengkapi fitur Defrosting sehingga tidak terbentuk bunga es yang menempel. Namun jika es masih ada, anda bisa mengiskisnya perlahan-lahan menggunakan spatula. sementara itu, agar air es tidak membasahi lantai di sekitarnya, gunakan handuk dan ember untuk menampung air
  3. Setelah freezer benar benar kosong tanpa makanan dan es yang menempel, anda bisa dengan memulai membersihkan freezer. gunakan air hangat dengan campuran cuka untuk mengusap bagian dasar dan samping freezer. setelah itu usap menggunakan kain bersih atau spons. jika freezer anda memiliki laci, keluarkan laci tersebut dan bersihkan di air yang mengalir.
  4. Jangan lupa bersihkan pula pintu freezer baik bagian dalam maupun bagian luarnya. serta sisi atas freezer. untuk bagian yang sulit dibersihkan seperti bagian sisi pintu dan setiap sudut freezer, anda bisa menggosoknya perlahan dengan menggunakan sikat gigi.
  5. Setelah freezer bersih. anda bisa menghilangkan bau dan menjadikannya segar kembali dengan menggunakan campuran air dan baking soda
  6. Gunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan bagian dalam dan luar freezer. tunggu benar-benar kering kemudian masukkan kembali makanan ke dalam freezer dan tatalah makanan secara rapi agar memudahkan anda saat membutuhkannya maupun saat akan membersihkan freezer

Berapa Suhu Ideal Yang Diperlukan


  • Suhu ideal untuk kulkas/lemari es adalah 38 derajat Fahrenheit ( 3º C), sedangkan untuk freezer adalah – 4 derajat Fahrenheit (-20º Celcius)
  • Pengaturan suhu dilakukan dengan cara tekan tombol suhu freezer atau fridge beberapa kali sampai display menunjukkan suhu yang diinginkan. untuk beberapa model kulkas/lemari es, tombol ini bertuliskan Freezer Temp dan Refrigator Temp. Apabila suhu tidak berubah sesuai dengan pengaturan sebelumnya atau suhu di dalam ruangan tetap tinggi ada kemungkinan terjadi kerusakan pada kulkas sehingga memerlukan maintenance/ perbaikan.


Semoga bermanfaat….Bagaimana menurut anda? silahkan sampaikan pengalaman anda dalam bentuk komentar, like dan share semoga berguna bagi pembaca lainnya. Untuk berlanggangan artikel dari blog ini Like Fanspage Rumahku Istanaku atau follow my twitter @zaenal_zein.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »