Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

7 Langkah Membuat Taman Impian Di Rumah Anda

7 Langkah Membuat Taman Impian Di Rumah Anda
Bentuk Taman Di Rumah Anda

Taman bisa diibaratkan oasis di rumah anda. taman bisa membuat  rumah tampak lebih sejuk, indah dan nyaman. Di tengah kepungan hutan beton di kota-kota besar, maka taman bisa menjadi tempat bersantai bagi penghuni rumah. Warna hijau dari tamanjuga bisa menjadi penyejuk mata saat penat melanda.
Menciptakan taman impian yang indah bukan hanya sekadar meletakkan tanaman-tanaman. ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan. berikut 7 langkah membuat taman impian di rumah anda.

1.   Tentukan Gaya

Ada beberapa jenis gaya taman yang bisa anda pilih. ada taman eropa, taman tropis, taman bali dan lain-lain. memang pemilihan tema tergantung selera pemilik rumah. namun, pemilihan tema taman juga sebaiknya disesuaikan dengan iklim mikro di daerah setempat. misalnya jangan membuat taman tropis di lingkungan yang gersang. dengan suhu lingkungan yang tinggi dan tingkat curah hujan yang rendah. kemungkinan tuuan kita untuk membuat taman tropis akan sulit tercapai karena tanaman tidak dapat tumbuh optimal di lahan tersebut.

2.   Cek Ukuran Lahan

Jika lahan untuk taman yang kita miliki luas, tentunya akan lebih mudah dalam merancang sebuah taman. Namun bila lahan yang tersedia sempit, perancangan taman harus benar-benar matang dan pemilihan elemen penunjang taman harus tepat. Tanah juga perlu digemburkan dan di pupuk agar tanaman dapat tumbuh subur

3.   Rancang Instalasi

Setelah lahan tersedia, tahap berikutnya adalah membuat instalasi air dan listrik. Instalasi dan penempatan osisi listrik dan air harus diperhatikan, agar ada pada tempat yang aman dan tidak mengganggu aktivitas saat berada di taman. instalasi listrik diperlukan untuk lampu taman, sementara instalasi air perlu mendapat perhatian jia anda berniat untuk membuat sebuah kolam atau pancuran air. Instalasi ini sbaiknya direncanakan sedari awal.

4.   Tentukan Jenis Tanaman Yang Dipilih

Pemilihan jenis tanaman disesuaikan dengan gaya taman yanganda pilih. Taman tropis misalnya, didominasi dengan jenis tanaman yang sering tumbuh di daerah tropis. contohnya pakis, palem, kadaka, atau pandan laut. pemilihan jenis tanaman juga didasarkan pada fungsinya, misalnya tanaman yang hendak kita tanam berfungsi sebagai penutup tanah, maka anda bisa memilih rumput, kucai mini dan lain-lain.

5.   Tentukan Warna Dominan Taman

Selain berdasarkan gay ataman, anda bisa memilih tanaman berdasarkan warna yang anda inginkan. Anda bisa memilih tanaman yang didominasi warna hijau. namun jangan lupa untuk memberikan penyelaras warna. Penyelaras warna tersebut dimunculkan dari warna daun selain hijau. dan bunga. beberapa warna dari bunga antara lain warna kuining, hijau, merah muda, ungu dan putih. warna kuning misalnya bisa didapat dari bunga mawar, kemuning, soka dll

6.   Tambahkan Hardscape

7 Langkah Membuat Taman Impian Di Rumah Anda
Hardscape Berupa Jalan Setapak

Setelah tanaman sudah ditentukan maka tambahkan elemen hard scape (elemen keras) pada taman. Elemen keras ini bisa berupa jalan setapak, air mancur mini, batu kerikil atau pagar imitasi

7.   Buatlah Sketsa Taman

Setelah semua unsur pembentuk taman ditentukan, anda sebaiknya membuat sketsa taman. Sketsa tidak perlu seindah ahli taman, yang penting, tukang yang nantinya mengerjakan taman ini tidak mengalami kesulitan yang berarti. jika perlu, tambahkan foto- foto pendukung dari tabloid atau majalah kesayangan anda.

Baca Juga : Tips atau Cara Mempercantik Taman Rumah

Tips Memilih Tanaman di Taman Anda

1.   Jangan Lupakan Aroma Taman Yang Diinginkan

Taman juga bisa dibuat berdasarkan aroma yang diinginkan. aroma yang diinginkan dimunculkan tentu berasal dari aroma bunga. Saat kuntum bunga mekar, aroma bunga akan menyebar ke penjuru taman. Beberapa jenis tanaman yang mempunyai aroma harum seperti bunga sedap malam, mawar, melati, kemuning, lavender dan lain-lain.

2.   Perhatikan Lokasi Rumah Anda

Pemilihan jenis tanaman juga harus disesuaikan dengan lokasi rumah anda. jika rumah kita berada di dataran ting (>700 m dpl) sebaiknya jenis tanaman yang ditanam pun berupa tanaman hias dataran tinggi misalnya krisan, lili, pinus dll. Bila lokasi rumah anda di dataran rendah (<200 m dpl). maka (<20 0tanaman hias yang dipilih pun sebaiknya berupa tanaman hias khas dataran rendah seperti adenium, Ephorbia, Beringin, Palem dll. JIka anda memaksakan tanaman yang hidup di dataran tinggi ke tempat dataran rendah maka tanaman akan tumbuh tidak sempurna, bunga tidak berkembang dengan baik.

Semoga bermanfaat….Bagaimana menurut anda? silahkan sampaikan pengalaman anda dalam bentuk komentar, like dan share semoga berguna bagi pembaca lainnya. Untuk berlanggangan artikel dari blog ini Like Fanspage Rumahku Istanaku atau follow my twitter @zaenal_zein.

Visitor