Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Engsel Bagian Kecil Rumah Yang Penting

Engsel Bagian Kecil Rumah Yang Penting
Engsel Kusen Rumah

Untuk memasang pintu, jendela atau perabot lainnya pada kusen dibutuhkan Engsel sebagai pengaitnya agar benda tersebut bisa membuka-menutup dengan mudah. di supermarket bangunan, terdapat beragam engsel yang berbeda-beda. agar engsel berfungsi dengan baik, anda pun perlu memilihnya dengan tepat.
Bila penggunaannya tidak tepat, fungsi dari engsel tersebut tidaklah optimal. Lebih parahnya lagi dengsel bisa rusak. Engsel yang dipasang harus disesuaikan dengan beban yang akan ditanggung oleh engsel tersebut.

Tips Memilih Engsel


  • Sebelum membeli engsel pintu, perhatikan berat pintu, lebar dan tinggi pintu. serta arah bukaan pintu. Kekuatan engsel pintu juga harus mendapat perhatian khusus karena jika tidak sesuai dengan pintu, akan mengakibatkan engsel cepat rusak
  • Material pembuatnya harus menjadi perhatian utama. ada yang dari kuningan, stainless steel dan baja. untuk saat ini engsel berbahan stainless steel banyak dipakai oleh rumah-rumah di Indonesia. alasannya tahan karat. yang perlu diperhatikan, pilih penghubung antar lempengan pelatnya yang menggunakan besi dan sparenya yang paling rapat.
  • Ukuran pun harus disesuaikan dalam memilih engsel pintu. Pintu utama dengan tinggi standar 220 cm dan lebar 80 cm – 90 cm. sebaiknya menggunakan engsel pintu ukuran 4 dan 5 inchi. Ukuran engsel 5 inchi direkomendasikan karena mampu menahan beban lebih berat.
  • Untuk pintu dengan ukuran 210 cm, pemasangan pintu dengan 2 (dua) buah engsel pintu sudah cukup. tetapi jika tinggi pintu diatas 220 cm, hal ini bisa disiasati dengan memasang 3 (tiga) buah engsel pintu.2 (dua) engsel di bagian atas dibuat dengan jarak lebih rapat.

Jenis-Jenis Engsel Pintu

Engsel pintu mempunyai 3 (tiga jenis) model engsel pintu yaitu:
Engsel Bagian Kecil Rumah Yang Penting
Bentuk engsel Tanam

  • Engsel Tanam, yaitu engsel yang dipasang disisi bagian pintu dan kusen atau yang biasa disebut dengan engsel kupu-kupu
Engsel Bagian Kecil Rumah Yang Penting
Bentuk Engsel Putar
  • Engsel Pivot, yaitu engsel yang menumpu pada lantai sehingga beban pintu langsung diterima oleh lantai. Jenis engsel ini cocok digunakan untuk pintu yang berbebanberat karena tidak membebani pintu.
Engsel Bagian Kecil Rumah Yang Penting
Bentuk engsel Concealed
  • Engsel Concealed, yaitu engsel yang dipasangkan di ketebalan kusen dan daun pintu sehingga pada saat pintu tertutup, engsel tidak terlihat. engsel ini cocok dipakai untuk rumah atau bangunan yang ingin pintunya menyatu dengan interior ruangan.

Engsel PIntu Rusak? Perbaiki Dengan Cara Ini


  1. Apabila engsel pintu sudah mengeluarkan bunyi saat pintu membuka dan menutup atau berderit. maka berikut ini cara memperbaikinya.
  2. Keluarkan paku dari lubang engsel, tempatkan obeng bermata datar pada celah antara engsel dan kepala sekrup. pukul pangkal obeng dengan palu hingga sekrup tercongkel keluar.
  3. Lumasi lubang paku. setelah paku dikeluarkan, bersihkan bagian dalam lubang dengan kain lalu berikan pelumas atau minyak mesin jahit
  4. Anda juga bisa membersihkan sela-sela engsel agar bebas dari debu. caranya, masukkan cotton bud atau korek kuping ke dalam oli. lalu, oleskan di antara sela-sela engsel pintu dengan cotton bud yang telah diberi oli. ualangi beberapa kali sampai pintu mudah untuk dibuka dan ditutup. segera lap noda agar noda olinya mudah dibersihkan.
  5. Ganti paku engsel apabila menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti aus atau berkarat
  6. Pasang kembali paku ke lubang engsel, masukkan kembali elemen-elemen yang telah dibongkar sesuai urutan mekanisme pemasangan
  7. Setelah semua di cek dan dipasang kembali, bersihkan keseluruhan engsel anda. untuk perawatan, hindari engsel dari zat kimia (tiner, cat dan veener) yang biasanya terjadi saat finishing pintu.


Semoga bermanfaat….Bagaimana menurut anda? silahkan sampaikan pengalaman anda dalam bentuk komentar, like dan share semoga berguna bagi pembaca lainnya.

Visitor