Hemangioma Pada Anak dan Cara Menanganinya

Hemangioma Pada Anak dan Cara Menanganinya
Bentuk Hemangioma Pada Kulit Anak

Hemangioma atau mungkin lebih dikenal dengan istilah tanda lahir (birthmark) sebenarnya adalah tanda di kulit yang dibentuk akibat pembuluh darah kulit yang terlalu aktif. Terdapat berbagai jenis tanda lahir pada bayi dan anak-anak, tetapi yang paling sering ditemukan adalah hemangioma. Hemangioma bisa muncul sejak lahir, tetapi lebih sering timbul setelah beberapa minggu (3-5 minggu) atau beberapa bulan dari kelahiran. Hemangioma terdapat kurang lebih 10% bayi baru lahir dan lebih sering didapatkan pada anak perempuan. biasanya timbul di wajah dan leher, tetapi bisa juga timbul di tempat lain seperti paha dan tangan. Hemangioma tidak berbahaya dan umumnya akan hilang sendiri sebelum anak menginjak usia 5 tahun. Operasi plastic dapat dilakukan apabila diperlukan.

Ada beberapa Jenis Birthmark?

Ada beberapa jenis Birthmark, yaitu :
1.   Hemangioma Stroberi
Ini merupakan tanda lahir yang paling sering ditemukan pada anak. bentuknya seperti buah stroberi dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya sebelum usia 5 tahun.
2.   Hemangioma Kavernosum
Tanda lahir ini lebih terlihat di dalam kulit sehingga warna tidak terlihat begitu jelas. biasanya berwarna kebiruan dan lebih menggembung bila dibandingkan dengan hemangioma stroberi
3.   Port-wine stain
Port-wine stain merupakan jenis hemangioma yang tidak menggembung sama sekali. hemangioma hanya berwarna ungu atau merah tua seperti minuman anggur

Apa Tanda Dari Hemangioma?

Hemangioma dapat terlihat sebagai bulatan yang bervariasi besarnya, dapat berwarna merah terang kebiruan atau merah keunguan, lembek dan dapat sedikit menonjol dengan batas yang jelas.

Apakah Hemangioma berbahaya?

Sebenarnya hemangioma tidak berbahaya, tetapi kadang pertumbuhannya dapat mengganggu fungsi dan pertumbuhannya dari organ-organ tertentu di dekatnya seperti mata dan bibir. Sebagai contoh : Hemangioma yang tumbuh di sekitar mata dan semakin membesar akan mengakibatkan penglihatan terganggu. kadang kala hemangioma dapat tumbuh membesar dan menimbulkan resiko terjadinya perdarahan bila pecah, tetapi sangat jarang terjadi perdarahan atau infeksi, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apakah Hemangioma perlu Operasi?

Kebanyakan hemangioma tidak perlu dioperasi. hemangioma biasanya akan timbul beberapa saat setelah lahir, berkembeng terus dan mencapai puncak dalam 12 minggu, kemudian mulai menghilang pada usia 18 bulan. Pada usia 9 tahun, 95% hemangioma sudah menghilang dengan sendirinya. Indikasi untuk operasi (dengan menggunakan laser) biasanya didasarkan pada keadaan tertentu serta letaknya mengganggu atau perkembanganya yang berlangsung terus menerus. bila anak memiliki hemangioma, cobalah bawa nak ke dokter untuk menanyakan apakah memang diperlukan operasi/pengobatan atau tidak.

Bagaimana Hemangioma Ditangani?

Hemangioma seringkali hilang dengan sendirinya atau hanya meninggalkan sedikit tanda nantinya. Pengobatan dengan kostikosteroid oral kadang diberikan oleh dokter. Sekarang ini sdang dalam tahap percobaan pengunaan golongan propanolol untuk terapi hemangioma dan dikatakan mempunyai efek lebih baik bila dibandingkan dengan kortikosteroid oral.

Semoga bermanfaat…. Bagikan kepada teman/kolega siapa tahu teman/kolega anda membutuhkan informasi ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »