Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Hitungan Rumah Ideal Sesuai Dengan Penghasilan Anda

Hitungan Rumah Ideal Sesuai Dengan Penghasilan Anda
Rumah Idaman Sesuia Penghasilan

Berbagai tipe dan harga hunian ditawarkan oleh pengembang. mulai dari harga ratusan juta hingga miliaran rupiah, bisa dengan mudah anda temui pada iklan maupun pameran. property. Banyaknya tawaran atau pilihan ini tak jarang membuat  rumah tangga muda atau calon pembeli dibuat bingung untuk menentukan harga rumah yang sesuai dengan penghasilannya untuk angsuran KPR nya. idealnya besarnya cicilan KPR adalah 30% dari Take Home Pay (THP) pada saat pengajuan KPR.

Sedangkan untuk besarnya harga rumah ideal yang sesuai dengan penghasilan perlu beberapa pertimbangan dan perhitungan. salah satunya dengan memastikan bahwa anda sudah bebas dari hutang konsumtif atau dengan kata lain biaya untuk kebutuhan sehari-hari sudah tercukupi.

Siasati DP (Down Payment)


  • Besarnya uang muka biasanya menjadi kendala terbesar saat pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). saat ini hampir seluruh bank menetapkan besaran uang muka minimal 20%-30% dari harga rumah, tentu nilai yang cukup besar. Oleh karena itu, disarankan agar tidak memaksakan diri dengan berhutang ke bank demi membayar uang muka . sebagai gantinya, anda bisa memanfaatkan promosi cicilan uang muka dari pengembang. Dengan begitu anda bisa lebih leluasa membayar uang muka dan ada kemungkinan untuk memperkecil nilai pokok hutang bila anda memutuskan besaran uang muka lebih tinggi daripada yang sudah ditentukan.
  • Pilihan lainnya untuk memenuhi uang muka adalah dengan melakukan pinjaman tanpa bunga ke keluarga terdekat maupun kerabat.

Pertimbangkan Biaya Lain


  • Saat mengajukan KPR, anda juga akan dibebankan beberapa biaya tambahan yang penting untuk diperhitungkan. Biaya tambahan itu antara lain biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar 5% dari harga jual dikurangi Nilai Perolehan Objek Pajak tidak kena Pajak, Biaya Notaris kurang lebih 2 juta, biaya asuransi, provisi bank dan biaya lainnya.
  • Sehingga jika dihitung dengan uang muka 30% maka anda harus mempersiapkan antara 40%-45% dari harga jual rumah. Pengeluaran rutin untuk air dan listrik harus juga diperhitungkan karena ke depannya biaya ini akan rutin dikeluarkan setiap bulan sampai ada pelunasan.

Perhitungan Harga Rumah Ideal

  • Berikut ini perhitungan sederhana besar cicilan rumah yang ideal untuk anda yang berpenghasilan/Take Home Pay Rp. 7 juta per bulan
  • Besarnya cicilan ideal adalah 30% dari THP=30%x 7 juta = Rp.2,1 juta
  • Contoh Harga rumah Rp.250 juta, maka uang muka 30% dari harga jual rumah, yaitu 30% x Rp.250 juta = Rp.90 juta
  • jika suku bunga floating 12 % dan lama cicilan 15 tahun, maka hutang pokok atau plafond kredit=Rp. 160 juta atau Rp.1.920.268 / bulan
  • Dengan contoh tersebut maka bila anda berpenghasilan Rp.7 juta / bulan, harga rumah ideal dengan bayar cicilan yang aman adalah KPR Rp. 250 juta.

Catatan: Apabila anda sudah menikah, anda dapat menggabungkan penghasilan anda dan pasangan, sehingga anda dapat membeli rumah dengan harga yang tinggi


Semoga bermanfaat….Bagaimana menurut anda? terima kasih

Visitor