Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Tips Aman Gunakan Water Heater

Tips Aman Gunakan Water Heater
Bentuk Water Heater

Mandi dengan air panas kini semakin hal yang lumrah di masyarakat. meskipun kita tinggal di daerah tropis yang tergolong panas. Alasannya, mandi dengan air panas/hangat mampu membuat badan menjadi rileks setelah seharian bekerja.
Bagi kita yang menyukai mandi dengan air panas/hangat, setidaknya ada 2 (dua) metode pemanasan air, yaitu ada yang memanaskannya dengan menggunakan kompor dan ada yang menggunakan water heater. Berikut ini seluk beluk menggunakan water heater yang aman dan nyaman.

Jangan Asal Pilih Water Heater

Walaupun water heater dipercaya lebih aman daripada pemanasan air mandi dengan kompor, kita harus tetap selektif dalam memilih water heater yang akan kita gunakan.Saat anda memilih Water Heater, anda perlu mengedepankan 3 K yaitu :

  • Keamanan Penggunaan
  • Kenyamanan Pengguna
  • Ketahanan Produk

Air Ledeng di rumah kita pasti mengandung senyawa kimia. karena itu, sebaiknya anda memilih water heater dengan material anti karat. Hal ini sangat penting, karena apabila terjadi korosi / karat pada water heater akan dapat menyebabkan kebocoran listrik di rumahanda. material anti karat pun dapat mengurangi terjadinya lapisan yang menghalangi pemanasan air dalam tangki

Jenis-Jenis Water Heater

Berikut ini beberapa jenis water heater yang digunakan di Indonesia :

  • Electric Water Heater

Water heater jenis ini sumber pemanasannya dari listrik dan merupakan model yang paling banyak digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia. Tersedia dalam berbagai kapasitas. mulai dari 10L,15 L,30L untuk penggunaan residensial, hingga kapasitas yang jauh lebih besar. kisaran harganya: Rp.3.200.000,- (kapasitas 15 liter)

  • Solar Water Heater

Piranti ini memanfaatkan sinar matahari yang ditangkap oleh Solar Cell . piranti dengan cara kerja sederhana ini akan menarik air dari tempat penyimpanan air (tangki) rumah anda, kemudian mengolahnya menjadi air panas dengan alat pemanas yang berjalan dengan tenaga listrik. Kisaran harganya Rp.14.900.000,- (kapasitas 126 liter)

  • Air Conditioning Water Heater

Piranti water heater ini akan memanfaatkan panas dari Freon AC yang biasanya dibuang . kemudian di modifikasi dan dialirkan ke Heat Exchange sehingga dapat memanaskan air dalam tangki penampungan. Kisaran harganya Rp.6.400.000,- (kapasitas 50 liter)

  • Heat Pump Water Heater

Pemanas air tipe ini bekerja dengan memanfaatkan udara lembab di sekitar rumah untuk dikompres menjadi uap panas. Uap panas ini diturunkan tekanannya sehingga menjadi bentuk air panas. kisaran harganya Rp.13.500.000,- (kapasitas 320 liter)

  • Gas Water Heater

Piranti tipe ini memanaskan air dengan bantuan gas LPF maupaun gas alam. Caranya dengan memanasi pipa yang dilewati air dingin sehingga tidak perlu ditampung terlebih dahulu. kisaran harganya Rp.1.500.000,- (kapasitas 10 liter)

Agar Water Heater Awet


  • Air yang masuk ke dalam tangki water heater haruslah dalam keadaan tidak keruh dan tidak berbau. Bila air di rumah anda tercampur dengan partikel kecil seperti kapur,pasirdan batu kecil, sebaiknya gunakan penyaring sebelum menyalurkannya ke water heater. jika tidak, akan menyumbat saluran air, menyebabkan tidak lancarnta air yang keluar dari kran atau shower.
  • Lakukan pemeliharaan dengan menggunakan jasa servis water heater. anda dapat menggunakan garansi servis yang masih ada, atau memanggil yang ahli dalam bidang ini. apabila anda tidak paham betul dengan piranti water heater, jangan melakukan pewatan alat ini sendirian.
  • Apabila salah satu komponen water heater anda menggunakan Magnesiun Anoda, lakukan penggantian komponen secara berkala.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… 

Visitor