Tips Memilih Meja Makan Yang Pas Di Rumah Anda

Tips Memilih Meja Makan Yang Pas Di Rumah Anda
Meja Makan Berbentuk Bundar

Memilih furniture untuk ruang sebenarnya bukan perkara yang sulit. dan bisa dikatakan mudah karena bisa disesuaikan dengan keinginan anda . Yang membuat menjadi sulit adalah apabila selera yang anda pilih tidak sesuai dengan kondisi ruangan yang ada (kebesaran/Kekecilan) dan konsep desain rumah secara keseluruhan. furniture yang terlalu kecil akan membuat anda tidak nyaman menggunakannya, furniture kebesaran akan membuat proporsi ruang tidak enak dipandang.
Pemilihan furnitur diatas juga berlaku untuk pemilihan furnitr meja di ruang makan. Ada 3 (tiga) kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat memilih meja makan.

  1. Bentuk Meja makan tidak sesuai dengan ruang yang dimiliki
  2. Ukuran meja tak sesuai dengan luas ruangan
  3. Tidak memperhatikan kapasitas orang yang akan menggunakannya

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Meja Makan

Beberapa hal tersebut adalah :

Penyesuaian Ruang


  • Sesuaikan meja makan yang akan anda beli dengan luas ruangan yang anda miliki. bila ruangan kecil sebisa mungkin cari meja makan yang tetap dapat memberikan sirkulasi yang baik dalam ruang. Idealnya anda harus menyesuaikan meja makan dengan tema ruang yang ada. Jika ruangan makan anda bertema minimalis, anda bisa memilih meja makan dengan kaki yang ramping dan tidak banyak ukiran. Perhatikan juga warnanya. pilihan warna monokrom akan lebih sesuai dngan tema ruangan yang minimalis.
  • Lain halnya dengan tema klasik, anda dapat memilih meja makan dengan material kayu lengkap dengan ukirannya. warna cokelat mampu menghadirkan suasana hangat pada ruang dan kesan klasik punmenjadi lebih kental. 

Standar Meja Makan


Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah standar meja makan di rumah yaitu antara lain :

  • Meja makan harus ergonomis badan atau mampu membantu meringankan pencernaan. artinya, pada saat makan, tubuh kita harus berada pada posisi tegak. Ketinggian meja dari lantai berkisar anatara 70cm-75 cm untuk ukuran orang dewasa. bukan hanya dilihat estetikanya saja, tetapi harus disesuaikan dengan postur tubuh anda.
  • Ergonomis tangan, artinya pada saat makan posisi tangan harus nyaman dan pas berada di atas meja dan posisi badan harus tegak. sehingga, pada saat akan menyuap makanan kita tidak kesusahan harus membungkuk
  • Meja makan harus kuat. kita banyak menaruh makanan dan meja makan juga menjadi tumpuan banyak orang saat makan sehingga pemilihannya harus kuat. untuk kayu, ukuran rangka minimal 4 cm x 4 cm. untuk meja dibawah 1 m2 dan tipe 4 kaki. sementara untuk besi, ukuran rangka minimal 2 cm x 2cm.
  • Ketebalan alas atau permukaan meja un perlu diperhatikan. ketabalan minimal alas meja 2cm-2.5cm untuk kayu dan 1 cm untuk kaca dengan ukuran meja di bawah 2 m2.

Kapasitas Meja Makan

Sebenarnya, seberapa besar sih ukuran meja yang ideal jika disesuaikan dengan jumlah orang dalam rumah? berikut penjelasannya :

  • Meja Makan berbentuk Persegi, Kapasitas 4 orang maka ukurannya 1 m x 1m
  • Meja Makan berbentuk bundar, Kapasitas 2 orang, maka diameter yang dibutuhkan 60cm-70 cm. Kapsitas 6 orang, maka diameter yang dibutuhkan 120 cm. kapasitas 8 orang , maka diameter yang dibutuhkan 150cm-200cm.
  • Meja Makan Persegi Panjang, Kapasitas 4 orang, maka ukurannya 95 cm x 105 cm. Kapasitas 6 orang, maka ukurannya 95 cm x 175 cm atau 60 cm x 150 cm.


Semoga bermanfaat…. Bagikan kepada teman-teman anda siapa tahu teman anda membutuhkan informasi ini

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »