4 Gejala Immune Thrombocytopenic Purpura

4 Gejala Immune Thrombocytopenic Purpura
Gambar Platelet/trombosit dalam sel darah merah

Trombosit (platelet) atau keping-keping darah adalah bagian dari sel darah yang berfungsi mendukung proses pembekuan darah. jumlah trombosit yang normal pada tubuh adalah sekitar 150.000-450.000/mcl darah. Keadaan tubuh yang kekurangan trombosit disebut trombositopenia. Ada banyak penyebab trombositopenia antara lain : demam berdarah, Immune Thrombocytopenic Purpura (ITP), penyakit lupus, Erimatosus, anemia aplastik, leukemia, dll. Pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang Immune Thrombocytopenic Purpura (ITP).

Apa itu ITP (Immune Thrombocytopenic Purpura)

ITP merupakan salah satu penebab Trombositopenia yang paling sering terjadi pada anak-anak. Angka kejadiannya sekitar 3 (tiga) Sampai 8 (delapan) dari 100.000 anak per tahunnya. Trombositopenia yang terjadi disebabkan oleh penghancuran trombosit karena proses imun yang salah (Anti Platelet Auto Antibody). Penyebab ITP sendiri tidak diketahui. ada 2 (dua) jenis ITP berdasarkan waktunya yaitu ITP akut dan ITP Kronis. ITP dikatakan kronis jika jumlah trombosit masih tetap rendah setelah 6 (enam) bulan.

Apa tanda dan gejala khas dari ITP?

Ada 4 (empat) gejala khas ITP yaitu :
1. Adanya trombositopenia dengan jumlah trombosit lebih rendah dari 150.000/mcl darah.
2.   Muncul ruam/bintik kemerahan (berupa petekie dan purpura) di kulit.
3.   Pemeriksaan sumsum tulang normal.
4. Tidak ada tanda-tanda penyebab trombositopenia lainnya yang dapat diidentifikasi (seperti demam berdarah).

Bagaimana perjalanan penyakit ITP pada Anak?

ITP sering mengenai anak berusia 2 -10 tahun. biasanya diawali dengan infeksi oleh virus seperti common cold atau radang tenggorokan, kemudian setelah 1-2 minggu akan muncul bintik/ruam kemerahan di kulit (petekie dan purpura) dan tanda-tanda perdarahan lainya seperti mimisan, gusi berdarah dan lain sebagaimana.

Bagaimana Cara Dokter memastikan anak menderita ITP?

Diagnosis ITP cukup sulit dipastikan. Dokter akan mengatakan bahwa anak menderita ITP bila semua kemungkinan lain yang dapat menyebabkan penurunan trombosit dalam darah sudah disingkirkan. selain tanda dan gejala klinis yang ditemukan ada anak, maka diperlukan juga pemeriksaan lab seperti : darah lengkap, hapusan darah, dan pemeriksaan sumsum tulang.

Apa Terapi Untuk ITP?

Pada sebagian besar kasus (80%) ITP akan sembuh tanpa terapi (Self healing) dalam waktu 6 bulan. Kebanyakan anak dapat dirawat di rumah karena pengobatan yang spesifik tidak ada. Pengobatan dengan golongan steroid dan immunoglobulin mungkin akan diberikan oleh dokter bila jumlah trombosit dalam darah sudah sangat rendah dan terdapat tanda-tanda perdarahan yang hebat di tubuh. Namun kedua pengobatan ini memiliki efek samping masing-masing.

Apa operasi pengangkatan limpa diperlukan?

Dokter akan memutuskan apakah anak harus menjalani operasi pengangkatan limpa (splenektomi) atau tidak. Splenektomi adalah tindakan membuang sebagian limpa. Pada umumnya operasi diindikasikan untuk ITP kronis yang tidak dapat diatasi dengan penggunaan obat saja

Baca juga:

Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya berbagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »