Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

4 Hal Yang Penting Dalam Pemasangan CCTV dalam Rumah

4 Hal Yang Penting Dalam Pemasangan CCTV dalam Rumah
Salah satu ruang dalam rumah yang bisa dipasangi CCTV


Dewasa ini CCTV (Closed Circuit Television) pada redensial / rumah menjadi hal yang penting untuk mengetahui / merekam sesuatu yang terjadi di rumah. CCTV mempunyai jenis CCTV analog dan CCTV C-series.

CCTV Analog

4 Hal Yang Penting Dalam Pemasangan CCTV dalam Rumah
CCTV Bentuk Dome
 CCTV analog merupakan system CCTV yang menggunakan kabel pengantar., kabel coxial sebagai kabel untuk mentransmisikan video standar yang menyajikan resolusi gambar tertinggi hanya 0.5 MP atau 0.6 MP. artinya kualitas gambar yang disajikan masih belum jelas, sehingga saat memperbesar gambar, gambar tersebut akan pecah

CCTV C-Series

CCTV C Series mampu menyajikan gambar yang lebih baik dengan kualitas HD (High Definition) atau setara dengan 2 MP (Mega Pixels). CCTV C Series mengusung tema Clarity (Kejelasan), Connectivity (Konektivitas) dan Convenience (Kemudahan).
Clarity memungkinkan CCTV C Series merekam gambar dengan jelas pada malam hari karena dilengkapi fitur infra red.
Connectivity memungkinkan CCTV C-Series memungkinkan pengguna untuk memantau aktivitas rumah kapanpun dan dimanapun. lewat aplikasi yang di Smartphone (Aplikasi EMS di Google Play Store)
Convenience memungkinkan CCTV C-Series menawarkan kemudahan untuk instalasi di rumah.
Penggunaan kamera CCTV memang tidak bisa menghindari hunian anda dari kejahatan pencurian, tetapi setidaknya kita mengetahui siapa yang melakukannya.

Berikut 4 hal yang penting dalam pemasangan CCTV di rumah :

1.  Penentuan jumlah CCTV yang terpasang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Rata-rata minimal pemasangan CCTV di rumah adalah 2 (dua) buah. Umumnya, pemilik rumah yang butuh pengamanan ekstra biasanya membutuhkan 4 (empat) buah CCTV.
2.   Bila ingin memasang CCTV sebaiknya pilihlah CCTV yang mempunyai resolusi kamera yang baik, misalnya 720p dengan resolusi 1.280 pixel x 720 pixels atau HD 1.080p dengan resolusi 1.920 pixels x 1.080 pixels. selain itu sebaiknya pilih CCTV yang sudah dilengkapi fitur remote akses melalui smartphone.
3.   Posisi kamera CCTV untuk area luar sebaiknya dihadapkan ke area luar pintu masuk rumah atau jika perlu ditambahkan juga untuk memantau area sekeliling rumah.
4.   Agar penggunaan CCTV optimal, sesuaikan tipe kamera. bila dalam ruangan sebaiknya gunakan CCTV indoor, begitu sebaliknya. Untuk Rekorder (penyimpanan) DVR jangan ditempatkan di tempat tertutup yang lembab, kecuali ruangan tersebut dilengkapi AC. Rekorder atau DVR tersedia mulai dari 4 channel hingga 16 Channel. bentuk DVR seperti pada gambar dibawah ini
4 Hal Yang Penting Dalam Pemasangan CCTV dalam Rumah
Rekorder atau DVR CCTV

Tahap Pemasangan

Untuk anda yang baru atau ingin memasang CCTV di rumah anda. ada beberapa tahapannya yaitu :
1.   Tentukan titik peletakan CCTV. biasanya CCTV ditaruh ruang yang penting dan vital, seperti kamar anak, ruang keluarga atau area depan rumah.
2. Lanjutkan dengan pemasangan kabel. untuk CCTV analog anda harus menambahkan instalasi kabel listrik
3.   Setelah semua piranti terpasang, saatnya memasang Rekorder/DVR


Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya berbagi.

Visitor