Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

8 Fakta Tentang Nyamuk dan Beberapa Penyakit Yang Dibawa Nyamuk

8 Fakta Tentang Nyamuk dan Beberapa Penyakit Yang Dibawa Nyamuk
Nyamuk Ada Beberapa Jenis dan Dapat Membawa Penyakit

Nyamuk memiliki beberapa fakta menarik yang perlu anda ketahui. Fakta- fakta ini dijamin akan membuat kita lebih waspada terhadap gigitannya. Berikut 8 (delapan) fakta tentang nyamuk antara lain :
1.   Semua jenis nyamuk tersebar di seluruh belahan dunia kecuali di antartika. Di antartika tidak ada nyamuk yang mampu hidup di cuaca ektrem yang dingin.
2. Ternyata hanya nyamuk betina yang menghisap darah. nyamuk betina membutuhkan protein yang terdapat dalam darah untuk mengembangkan telurnya. setelah kantung perutnya sudah dipenuhi darah. nyamuk betina akan beristirahat selama beberapa hari dan kemudian bertelur.
3. Berbeda dengan nyamuk betina, nyamuk jantan hanya makan dari sari tumbuhan dan buah
4.  Nyamuk tidak memiliki gigi. Nyamuk betina menggigit dengan menggunakan probosis- bagian dari mulutnya yang berbentuk seperti jarum bergerigi. Probosis berfungsi untuk menembus kulit manusia.
5.  Fakta lainnya adalah sekali bertelur nyamuk dapat menghasilkan 300 jentik nyamuk. setelah 3 (tiga) kali bertelur nyamuk betina akan mati.
6.   Nyamuk merupakan serangga berdarah dingin, sehingga sebagian besar dari mereka tidak dapat bertahan hidup di cuaca dingin. mereka lebih menyukai suhu diats 26ÂșC. Nyamuk betina dari beberapa spesies akan mencari tempat/lubang untuk menunggu cuaca yang lebih hangat.
7.   Rata-rata masa hidup nyamuk kurang dari 2 bulan. Bahkan nyamuk jantan memiliki waktu hidup terpendek, yakni 10 hari atau kurang dari itu. Nyamuk betina dapat bertahan hidup sekitar 6-8 minggu
8.   Nyamuk sudah hidup sejak zaman jurrasic (zaman dinosaurus). Itu membuat mereka kini berusia lebih dari 210 juta tahun.

Beberapa Penyakit Yang dapat Dibawa Oleh Nyamuk

1.   Zika

Virus Zika yang dibawa nyamuk jenis aedes aegypti dan aedes albopictus. Nyamuk jenis ini mencari mangsa pada siang hari, untuk nyamuk jenis aedes aegypti hidup di tempat air bersih sedangkan untuk nyamuk jenis aedes albopictus hidup di air kotor.
Virus zika apabila sudah menjangkiti manusia akan menimbulkan beberapa gejala yaitu demam, nyeri sendi, mata merah. Gejala-gejala penyakit zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya dan berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.

2.   Demam Berdarah Dengue

Penyakit DBD dibawa nyamuk jenis aedes aegypti. Nyamuk jenis ini mencari mangsa pada siang hari, untuk nyamuk jenis aedes aegypti ini hidup di tempat air bersih. untuk lebih lengkapnya baca artikel dibawah ini.

3.   Kaki Gajah (filariasis)

Penyakit yang disebarkan melalui nyamuk lainnya adalah penyakit kaki gajah. Nyamuk jenis culex dan anopheles lah yang dapat menyebarkan penyakit kaki gajah. Nyamuk jenis culex mencari mangsa pada malam hari bekembang biak di tempat air kotor. sedangkan nyamuk Anopheles mencari mangsa pada siang hari, tempat berkembang biaknya di tempat air kotor.
Penyakit kaki gajah merupakan golongan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. setelah tergigit nyamuk, parasit yang terbawa akan sampai pada jaringan limpa maka akan berkembanglah menjadi penyakit tersebut. dan penyakit ini sifatnya menahun (kronis) danbila tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dapat menimbulkan cacat yang menetap berupa pembesaran pada kaki dan lengan

4.   Chikungunya

Penyakit Chikungunnya pernah mewabah di dunia, juga penyebarannya dilakukan oleh nyamuk. nyamuk jenis aedes albopictus merupakan perantara penyakit ini. Nyamuk jenis ini mencari mangsa pada siang hari dan hidup di air kotor. untuk lebih lengkap mengenai penyakit chikungunnya dapat dibaca pada artikel dibawah ini

Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya Berbagi.

Visitor