Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

8 Gejala Penyakit Crohn Pada Anak

8 Gejala Penyakit Crohn Pada Anak
Kondisi Usus Yang Terjangkit Penyakit Crohn

Ada 2 (dua) jenis penyakit radang pada saluran pencernaan yang bersifat kronis, yaitu penyakit Crohn dan colitis ulserativa. Penyakit Crohn dapat mengenai seluruh system pencernaan mulai dari mulut sampai anus (tetapi biasanya paling sering ditemukan di daerah usus halus dan usus besar). Penyakit ini biasanya terjadi pada usia remaja muda, tetapi dapat menyerang segala usia.

Apa Penyebab Penyakit Crohn?

Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, tetapi penyakit Crohn termasuk dalam penyakit autoimun. Sistem imun penderita Crohn tidak dapat membedakan substansi yang baik dan yang buruk di dalam tubuh, sehingga tubuh bereaksi secara berlebihan bahkan terhadap bakteri yang secara normal ada di dalam saluran pencernaan. Faktor keturunan/genetic juga diduga berperan penting sebagai penyebab penyakit Crohn.

Apa tanda dan Gejala Penyakit Crohn Pada Anak?

Tanda dan gejala penyakit Crohn sangat banyak dan tergantung dari bagian system pencernaan mengalami peradangan. Tanda dan gejala ini dapat meliputi gangguan pada system pencernaan dan di luar system pencernaan. Biasanya tanda dan gejala dimulai dengan adanya luka di mulut seperti sariawan. tanda dan gejala dari system pencernaan yang terkena Penyakit Crohn antara lain :
1.   Mual dan Muntah
2.   Kram perut (seringkali dampai membangunkan anak dari tidurnya)
3.   Perut kembung
4.   Teraba Benjolan di dalam perut
5.   Demam
6.   Diare
7.   Perdarahan saluran cerna ataupun BAB berdarah
8.   Nyeri pada saat BAB
Sedangkan tanda dan gejala dari luar system pencernaan (extraintestinal) yang dapat terjadi pada penyakit Crohn adalah:

  • Gangguan tumbuh kembang
  • Pubertas yang terlambat
  • Nyeri Sendi
  • Anoreksia (tidak nafsu makan)
  • Hepatitis

Gejala-gejala tersebut biasanya hilang timbul untuk jangka waktu lama.

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Penyakit Crohn?

Bila anak memiliki beberapa gejala dan tanda diatas dan gejala tersebut hilang timbul untuk beberapa saat, Dokter akan menanyakan riwayat penyakit dan memeriksa fisik anak secara lengkap. Beberapa pemeriksaan yang mungkin diperlukan misalnya:
·        Pemeriksaan Darah
·        Barium Enema (foto usus dengan memasukkan zat kontras)
·        CT Scan atau MRI Perut
·        Kolonoskopi (memasukkan selang berkamera melalui anus)
·        Pengambilan biopsy usus ( biopsi adalah pengambilan sebagian kecil jaringan usus untuk diperiksa di bawah mikroskop)

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Crohn?

Walaupun penyakit Crohn tidak dapat disembuhkan, tetapi penyakit ini dapat dikontrol. pemberian obat-obatan dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi bahkan menghilangkan gejala, tetapi penyakit Crohn kadang kala dapat kambuh kembali. bila diperlukan, dapat dilakukan operasi terutama pada anak yang menderita penyakit Crohn dengan komplikasi. komplikasi dari penyakit Crohn adalah terganggunya perkembangan dan pubertas, penyumbatan pada saluran cerna, atau terbentuknya abses/nanah pada saluran cerna
Baca Juga:


Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya berbagi.

Visitor