Hernia Inguinalis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Hernia Inguinalis Pada Anak dan Cara Mengatasinya
Hernia Inguinalis Pada Anak dan Cara Mengatasinya
Hernia Inguinalis (hernia di lipat paha) terjadi ketika sebagian kecil usus masuk ke dalam cincin lipat paha karena saluran inguinalis (saluran lipat paha) tidak menutup saat penurunan testis atau ovarium. Normalnya, pada bulan ketujuh kehamilan, testis pada janin laki-laki akan turun dari dalam perut ke tempatnya melalui saluran lipat paha. sesudah dilewati, cincin tersebut akan menutup. tetapi pada beberapa keadaan, cincin tersebut tidak menutup, sehingga sebagian usus akan ikut masuk ke dalamnya sehingga terjadilah hernia. Hernia Inguinalis terjadi pada 1 – 4% bayi baru lahir dan empat kali lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. pada anak perempuan, saluran inguinalis yang lemah dapat mengakibatkan hernia, bahkan terkadang ovarium (indung telur) bisa ikut masuk ke dalam kantung hernia tersebut.

Apa Tanda dan Gejala Bila Anak Menderita Hernia Inguinalis?

Pada anak dengan hernia inguinalis akan ditemukan benjolan pada lipatan paha, di dalam kantung elir, atau di labia. Benjolan tersebut dapat didorong masuk kembali ke tempat asalnya dengan jari. Benjolan tersebut akan terlihat jelas apabila anak sedang menangis, mengeden, atau batuk.  biasanya benjolan tersebut hanya di satu sisi tubuh saja (paling sering di sisi sebalah kanan), tetapi terkadang di kedua sisi. pada anak-anak laki-laki kadang kantung pelirnya terlihat besar sebelah yang menandakan bahwa sebagian usus sudah masuk ke dalam kantung pelirnya. tanda dan gejala lain terkadang tidak ada, tetapi bisa juga disertai dengan muntah, konstipasi dan kembung bila isi hernia tersebut terjepit di kantungnya (inkarserata).


Bagaimana Dokter mendiagnosis hernia inguinalis pada anak?

Sebenarnya hernia inguinalis cukup mudah dikenali dengan adanya benjolan di daerah paha atas. Dokter akan menanyakan riwayat perjalanan penyakit, kemudian melakukan beberapa pemeriksaan fisik untuk lebih dapat memastikan diagnosisnya. bila benjolan tidak tampak dari luar, ada beberapa cara yang akan dokter lakukan yaitu meminta anak mengeden, membuatnya menangis dan memegang serta meraba kantung pelirnya.

Apa itu Hernia Inkarserata?

Hernia inkarserata adalah hernia yang terjepit. Pada 13% kasus hernia inguinalis dapat terjadi hernia inkarserata. Isi dalam kantung hernia inkarserata. Isi dalam kantung hernia tersebut terjepit dan tidak dapat kembali ke tempat semula dengan didorong. Hal ini berbahaya karena sebagian usus yang terjepit tersebut akan kekurangan suplai oksigen sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan.

Apa yang perlu dilakukan bila anak menderita hernia inguinalis?

Hernia Inguinalis merupakan masalah pada anak yang paling sering membutuhkan tindakan operasi. sebenarnya hernia tidak mempengaruhi kesehatan anak secara umum, tetapi apabila terjadi hernia inkarserata (terjepit), maka perlu operasi harus segera dilakukan. kadang tindakan operasi pada hernia inguinalis hanya bertujuan kosmetik. Orang tua tidak senang dengan penampilan anaknya yang memiliki benjolan di lipat pahanya. waktu untuk melakukan operasi sebaiknya ditanyakan ke dokter. tetapi apabila telah terjadi hernia ikarserata maka tindakan operasi harus segera dilakukan.
Tindakan operasi merupakan tindakan yang aman dan termasuk operasi kecil. terkadang infeksi timbul setelah operasi, tetapi hanya sebagian kecil saja (1%) dan dapat diatasi dengan pemberian antibiotic yang sesuai dari dokter.

Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya berbagi.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »