Membeli Properti Diatas Tanah Hak Pakai

Membeli Properti Diatas Tanah Hak Pakai
Membeli Properti Diatas Tanah Hak Pakai


Status Tanah Di Indonesia ada yang Hak Milik, Hak Guna bangunan, Hak Guna Usaha dan Hak Pakai. Untuk Status Hak milik, HGB dan HGU tidak menjadi masalah. tetapi bagaimana jika kita membeli properti rumah diatas tanah hak pakai, berikut Tanya jawab mengenai hal itu :

Question :

“ Yth Pak Yulius, saya berencana membeli rumah di kota xx. namun saya masih ragu untuk membeli, terkait status tanah yang masih hak akai atas tanah Negara. Pertanyaan saya, apakah tanah dengan status Hak Pakai tersebut dapat dialihkan/diperjualbelikan dan berapa lama jangka waktu penggunaan tanah dan kemungkinan perpanjangannya (bila ada)”

Salam Hormat- Epi Saefudin

Answer :

“Terima kasih atas pertanyaannya pak Epi. Hak Pakai adalah Hak untuk menggunakan dan atau memungut hasil dari tanahyang dikuasai langsung oleh Negara atau tanah milik orang lain. Keputusan pemberiannya ditentukan oleh pejabat yang berwenang memberikannya atau dalam perjanjian dengan pemilik tanahnya (UU No 1 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria).”

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 40 tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan dan Hak Pakai Atas Tanah”, Hak Pakai yang diberikan atas tanah negara untuk jangka waktu tertentudapat beralih dan dialihkan pada pihak lain karena jual beli, tukar menukar, penyertaan dalam modal dan hibah atau pewarisa. atas hal ini jika Hak Pakai atas tanah Negara yang Bapak maksud untuk jangka waktu tertentu dapat dialihkan ke pihak lain,. Dengan ketentuan, Bapak Epi wajib mendaftarkannya pada Kantor Pertanahan Setempat.”

“Untuk jangka waktu, Hak Pakai atas tanah Negara diberikan untuk jangka waktu paling lama 25 (dua puluh lima) tahun. Selanjutnya, karena setiap pemberian Hak Pakai atas tanah Negara dibuktikan dengan Sertipikat Hak Atas Tanah, ada yang harus anda perhatikan sebelum melaksanakan proses jual beli (pengalihan hak).”
“Cek jangka waktu Hak Pakai tersebut yang terhitung sejak tanggal pemberian hak yang tercantum dalam Sertipikat Atas Tanah.”

“Terkait dengan Perpanjangan, karena Hak Pakai yang Pak Epi akan beli adalah Hak Pakai atasTanah Negara (bukan atas Hak Milik), maka Hak Pakai dapat diperpanjang sampai dengan 20 (dua puluh ) tahun.” Dengan ketentuan permohonan perpanjangan Hak Pakai paling lambat diajukan 2(dua) tahun sebelum berakhirnya jangka waktu Hak Pakai (berdasarkan PP 40/1996).”
Demikian Disampaikan semoga bermanfaat

Hormat Saya- Yulius Setiarto, SH., MH.

Konsultasi Properti
diasuh : Yulius Setiarto,SH (Konsultan Hukum Pada Setiarto &Partner Law Firm)  yang disadur dari Majalah / Tabloid Rumah 336-XIV


Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya berbagi.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »