Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah

5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah
Bentuk Batu Alam

Informasi tentang  penggunaan batu alam secara ekplisit dipercaya memiliki pesona tersendiri bagi keindahan rumah anda. motif dan teksturnya tak hanya memberi kesan alami terhadap tampilan rumah, tetapi mampu mempercantik dan menaikkan citra rumah. tak heran, apabila banyak orang yang sudah mengaplikasikan batu alam di rumahnya masing-masing. Berikut 5 info tentang batu alam dan tips perawatannya.

1.   Batu Andesit

5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah
Batu Andesit
 Batu Andesit secara karakter digolongkan ke dalam jenis batu keras yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi, porositasnya rendah dan tahan terhadap perubahan cuaca. Batu ini juga tidak mudah untuk ditumbuhi lumut.
Aplikasi pada rumah dipakai pada interior dan eksterior seperti pagar rumah,dinding rumah, dinding taman, jalan setapak di taman, dan dinding rumah karena batu andesit ini mempunyai porositas kecil dan lumut sulit tumbuh diatasnya.
Secara Ukuran,Informasi dipasaran ukuran yang paling banyak dijual adalah 3 cm x 20 cm, 5 cm x 20 cm, 10 cm x 10 cm, 15 cm x 20cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 40 cm, 40 cm x 40 cm. sedangkan untuk ketebalannya 1,5 cm, 2 cm dan 3 cm.
Harga batu andesit dipengaruhi oleh ukuran, motif dan ketebalan batu. misalnya untuk batu alam candi motif catur berukuran 20 cm x 20 cm informasi harganya Rp.110.000/m2.

2.   Batu Candi

5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah
Batu Candi
Batu Candi mempunyai karakter mudah menyerap air karena berpori besar. apabila terkena air, warna batu lebih hitam dari biasanya. tekstur batunya juga sangat kasar.
aplikasi pada rumah lebih cocok untuk interior karena tektur batunya kasar dan pori besar sehingga berpotensi untuk ditumbuhi lumut. Jika anda ingin menggunakan batu ini di luar rumah, batu harus diberi coating khusus dengan warna transparan
Secara ukuran, menurut informasi yang ready di pasaran adalah 10cm x 10cm, 10 cm x 20 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x30 cm, 20 cm x 40 cm dan 40 cm x 40 cm dengan ketebalan antara 2 cm – 3 cm.
Untuk masalah harga, Batu Candi ukuran 20 cm x 30 cm, harganya 160.000/m2

3.   Batu Templek

5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah
Batu Templek
 Batu templek atau batu lempeng ini berasal dari batu kali yang dipotong pipih karakternya batu ini mempunyai kepadatan tinggi, porositas rendah dan tahan terhadap perubahan cuaca.
Batu ini dapat diaplikasikan pada eksterior atau interior seperti di pagar rumah, dinding luar atau dalam rumah, jalan setapak dan lantai dalam rumah. tidak ada persyaratan tempat untuk batu ini. tetapi pemasangannya harus hati-hati agar polanya tetap terlihat menarik.
Batu lempeng ini ada 2 (dua) jenis. pertama yang bentuknya alami, diproses dengan cara memotng dari batu kali utuh dengan ketenbalan 1 – 3 m. jenis kedua adalah bentuknyalebih presisi. dengan ukuran 3 cm x 20 cm, 5 cm x 20 cm, 10 cm x 10 cm, 10 cm x 20 cm, 15 cm x 15 cm, 15 cm x 20 cm, dan 20 cm x 20 cm.
Harga batu ini dipengaruhi oleh ukuran, motif, ketebalan batu dan lokasi. untuk batu temple yang berasal dari Purwakarta informasi di pasaran harganya Rp.65.000/M2. Sementara yang berasal dari Garut harganya Rp.75.000M2.

4.   Batu Paras Jogja

5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah
Batu Paras Jogja
Batu Paras Jogja berasal dari Jogjakarta, Batu ini memiliki tekstur lembut dan tingkat porositas tinggi, hingga mudah ditumbuhi lumut.
Dalam pengaplikasiannya di rumah, Batu ini lebih cocok digunakan pada interior dibanding eksterior. Secara tampilan, batu ini tidak membuat ruang di dalam rumah jadi redup karena warnanya yang terang. Hal penting yang perlu diketahui saat pemasangan adalah gunakan adukan semen yang lembek agar batu dapat terikat kuat di dinding. Jika anda harus menaruh batu ini di luar rumah, astikan batu ini dicoating setiap 3 bulan sekali agar lumut tidak tumbuh di permukaan batunya.
Ukuran batu ini dipasaran sangat beragam, yaitu 5 cm x 20 cm, 10 cm x 10 cm, 10 cm x 20 cm, 15 cm x 20 cm, 15 cm x 30 cm, 20 cm x 20cm, 20 cm x 40 cm, 40 cm x 40cm dan 30 cm x 60 cm dengan ketebalan 1,5 cm sampai dengan 3 cm.

5.   Batu Palimanan

 
5 Info dan Tips Tentang Batu Alam Untuk Rumah
Batu Palimanan
Batu Palimanan berasal dari Palimanan, Cirebon. Karakternya mirip dengan jenis Batu Paras Jogja. hanya tingkat kekerasannya lebih rendah atau empuk dibanding batu paras jogja. sedangkan untuk tekstur lembut dan tingkat porositasnya tinggi setara dengan batu paras jogja
Batu Palimanan aplikasinya sama dengan Batu Paras Jogja, tetapi anda perlu memperhatikan serat batunya agar tampilannya tetap menawan.
Ukuran batu ini dipasaran sangat beragam dengan ketebalan 1,5 cm samapi dengan 3 cm
Untuk Harga tergantung ukuran, dimulai dari harga Rp.95.000/M2.

Tips Perawatan Batu Alam Rumah Anda

Keindahan batu alam juga bisa terancam dengan kehadiran lumut dan jamur. Batu alam merupakan elemen bangunan yang cukup sering terpapar sinar matahari sekaligus kelembaban mulai dari air hujan hingga rembesan air. Oleh karena itu para ecinta batu alam perlu mengetahui perawatan yang tidak hanya cepat tapi juga harus tepat.
Penggunaan coating khusus batu alam memang bisa melindungi batu dari pengeroposan akibat paparan cuaca. Namun bagaimana dengan lumut dan jamur yang sudah tumbuh di permukaan batu alam? anda bisa menggunakan cairan pembersih lumut untuk menghilangkan lumut dan jamur pada batu alam.
Bahan pembersih ini digunakan untuk mengangkat dan mematikan lumut dan jamur,ganggang, spora dan kotoran lainnya yang menempel pada batu alam. penggunaannya sangat mudah.untuk batu lama yang telah berlumut , kerok dahulu menggunakan kape, kemudian sikat batu. Siram batu dengan semprotan air bertekanan tinggi sampai bersih.
Ulaskan cairan pembersih  lumut dengan kuas atau spray sampai merata di seluruh permukaan batu. diamkan selama kurang lebih 16 jam agar larutan bekerja maksimal membunuh jamur dan lumut. siram kembali dengan semprotan air untuk membersihkan sisa larutan.
Sementara untuk batu baru yang belum berlumut, siram batu dengan air bersih kemudian campurkan cairan pembersih lumt dengan kuas. bila sudah kering, lapisi batu dengan coating. cairan pembersih lumut dapat dibeli di supermarket bangunan dengan harga sekitar Rp.34.000/Kg.

Semoga Bermanfaat…Bagikan kepada teman atau saudara anda siapa tahu teman atau saudara anda membutuhkan informasi ini. # Indahnya berbagi.

Visitor