Info Pentingnya Beli Rumah Dari Pengembang Anggota Asosiasi

Info Pentingnya Beli Rumah Dari Pengembang Anggota Asosiasi
Info Pentingnya Beli Rumah Dari Pengembang Anggota Asosiasi

Membeli rumah merupakan hal yang memerlukan pertimbangan yang matang. apalagi membeli rumah untuk pertama kalinya. Informasi yang diperlukan haruslah memadai apalagi kalau rumah yang dibeli tidak ready stock tetapi rumah inden. terlebih lagi pengembang tersebut tidak cukup ternama dan belum banyak memiliki proyek. Mengunjungi dan melihat langsung lokasi proyek perumahan bisa jadi cara jitu untuk memastikan rumah yang anda beli bukanlah proyek fiktif dari pengembang nakal akan tetapi masalah tidak selesai sampai disitu.
Resiko semisal pembangunan rumah yang mogok di tengah jalan atau masalah legalitas tanah yang rupanya masih bersengketa bisa saja terjadi. Sebagai konsumen anda berhak tahu detil proyek perumahan yang sedang dibangun sehingga memberi rasa aman.
Selain menelusuri sendiri proyek terdahulu dari pengembang yang anda pilih, pastikan juga pengembang tersebut menjadi anggota asosiasi perumahan. karena dengan masuk sebagai anggota asosiasi riwayat pengembang akan diketahui lebih detail dan terperinci. dan juga anda akan memiliki perantara jika suatu saat terjadi masalah dengan pengembang.

Macam Asosiasi Pengembang Perumahan Di Indonesia

Dewasa ini di Indonesia terdapat 2 (dua) asosiasi besar yang mengumpulkan para pengembang perumahan, yaitu APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia) atau REI (Real Estat Indonesia). bagi pengembang, menjadi anggota asosiasi akan membantunya dalam hal menjalin hubungan dengan pemerintah.
Asosiasi Perumahan akan menjadi wadah aspirasi pengembang dan perantara antara program pemerintah dengan pengembang. Selain itu, asosiasi pengembang perumahan juga bisa menjadi tolok ukur perkembangan properti DI Indonesia. Karena, di Asosiasi akan tercatat berapa anggota yang masuk dari tahun ke tahun serta proyek apa saja yang dibangun pengembang.

Peran Asosiasi Jika Terjadi Masalah antara Pengembang dengan Konsumen.

Membeli rumah dari pengembang yang terdaftar dalam asosiasi juga akan memudahkan anda jika suatu saat terjadi masalah. Misal pengembang tidak bisa memenuhi kewajibannya (wanprestasi), anda bisa melaporkan masalah ini ke asosiasi tempat pengembang tersebut menjadi anggota.
Anda bisa mengirimkan surat kepada kantor Asosiasi dimana pengembang tersebut menjadi anggota untuk menyampaikan masalah yang anda hadapi terkait dengan pengembang. Nantinya aka nada tim dari Asosiasi yang akan membantu menyelesaikan masalah anda.
Tim penyelesaian dari asosiasi ini sifatnya hanya menjembatani musyawarah antara pengembang yang bermasalah dengan konsumen yang merasa dirugikan. Dalam hal ini asosiasi tidak masuk ke ranah hukum.
Walau begitu, membeli rumah dari pengembang yang menjadi anggota asosiasi setidaknya meringankan beban anda dalam menyaring mana pengembang yang berkualitas atau tidak.


Semoga Bermanfaat….Bagikan kepada teman/kolega anda siapa tahu teman/kolega anda membutuhkan informasi ini. #Indahnya Berbagi.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »