Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

5 Masalah dan Solusi Pada Kompor Gas Di Dapur Rumah Anda

5 Masalah dan Solusi Pada Kompor Gas Di Dapur Rumah Anda
5 Masalah dan Solusi Pada Kompor Gas Di Dapur Rumah Anda

Di dalam dapur rumah anda, kompor gas merupakan termasuk piranti utama dalam memasak. Sehingga apabila terdapat permasalahan pada kompor gas, anda akan dibuat kelimpungan. berikut 5 (lima) masalah dan solusi yang biasa terjadi pada kompor gas anda :

1.  Pemantik Api Tidak Berfungsi

Salah satu komponen dari kompor gas yaitu pemantik api. pemantik api tugasnya adalah memancing percikan api yang nantinya akan menjadi besar ketika bertemu dengan gas dari LPG. tetapi kadangkala pemantik apai tersebut tidak berfungsi.
Solusi :
Penyebab pemantik api tidak berfungsi antara lain Pertama, pemantik tidak berfungsi pada kompor tanam misalnya, bisa terjadi karena batereinya sudah habis atau tidak bertenaga lagi, kalo terjadi hal tersebut maka lakukan penggantian pada baterei tersebut. Kedua, Pemantik api tidak berfungsi karena tertutup lemak sisa makanan. apabila terjadi hal tersebut, bersihkan pemantik menggunakan kain lembab yang sudah diberi cairan pembersih lemak. disarankan, lakukan pembersihan setiap selesai memasak.

2.  Api Menjadi Merah

Nyala api pada kompor gas semestinya berwarna biru, apabila nyala api anda berwarna merah maka terjadi masalah terhadap kompor gas anda.
Solusi :
Biasanya nyala api merah timbul akibat dari burner/ tungku yang kotor karena terkena tumpahan minyak saat memasak. kalau hal tersebut terjadi, maka lepaskan burner pada kompor, lalu bersihkan lubang-lubang burner dengan menggunakan sikat lembut yang telah dioles dengan cairan pembersih lemak. setelah itu lap dengan kain bersih.

3.  Kompor Tidak Menyala

Kompor tidak menyala saat setelah penggantian tabung gas biasa terjadi.
Solusi :
Kompor gas tidak menyala setelah penggantian tabung gas bisa terjadi apabila safety ball pada regulator menutupi lajur gas dari tabung menuju kompor. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat membuka regulator pada tabung gas kemudian guncangkan regulator agar safety ball tidak menutupi aliran gas.

4.  Tungku Menyala Sebagian

Terkadang ketika anda menyalakan kompor maka tungku hanya menyala sebagian.
Solusi :
Penyebab tungku menyala sebagian penyebabnya bisa jadi adalah pengatur udara di dalam kompor yang seharusnya tertutup, ternyata terbuka lebar. ini disebabkan karena pengatur udara tersenggol sesuatu sehingga bergeser. kalau hal tersebut terjadi maka lakukan perbaikan posisi pada pengatur udara tersebut.

5.  Oven Kompor Freestanding Rusak

Pada kompor freestanding yang terdapat oven dibawahnya, terkadang oven mengalami kerusakan.
Solusi :
Ketika oven kompor freestanding rusak maka ada 2 (dua) kemungkinan penyebabnya. Pertama, bisa jadi karena burner dan pemantik tertutup tumpahan lemak masakan. Kedua, Bisa jadi karena pemantik listrik oven bermasalah. jika hal tersebut terjadi maka pastikan kondisi listrik dan gas berfungsi. disarankan untuk melakukan pembersihan setelah oven digunakan.


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya… Atau anda bisa gabung di Blog Rumahku Istanaku dengan cara masukkan email anda untuk mendapatkan update gratis artikel terbaru di blog ini terima kasih…

Visitor